Antisipasi Penyakit, Dinkes Bangka Lakukan Peningkatan Deteksi Dini

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka terus melakukan upaya peningkatan deteksi dini dan respon cepat terhadap penyakit.

Hal itu dibahas melalui rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan deteksi dini, preventif dan respon penyakit, di Hotel Novilla, Sungailiat, Kamis (22/2/2024).

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Bangka, Anggia Murni mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan sinergi di kalangan kader pelayanan kesehatan, terutama pada pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengantisipasi terhadap penyakit yang disebabkan dari lingkungan, terutama penyakit jenis menular.

“Ini (evaluasi) kita anggap penting, agar penyakit di masyarakat dapat segera ditangani,” kata Anggi.

Sementara itu, Pj Bupati Bangka Muhammad Haris mengaku bahwa pihaknya sudah menetapkan rencana strategi 2022 – 2024 terhadap program P2PL.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan deteksi dini dan respon cepat terhadap penanggulangan kejadian luar biasa (KLB),” tukasnya.

Selain itu, ia juga berharap melalui para kader kesehatan baik di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan dapat meningkatkan perilaku hidup sehat di tengah masyarakat. (mah)