115 Calon Jamaah Haji Asal Bangka Diberangkatkan

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 115 calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bangka, resmi dilepas untuk diberangkatkan ke tanah suci Mekah, pada musim haji 2022.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bangka Senaidi mengatakan, calon jemaah tersebut terdiri dari 48 orang laki-laki, dan 67 perempuan. Semua calon jemaah, menurutnya, telah memiliki persiapan mental yang kuat dan fisik yang sehat.

“Alhamdulillah, seluruh jemaah sudah melalui pendidikan manasik haji dengan sempurna. Manasik itulah yang nantinya akan dilaksanakan di sana (Mekah),” ungkapnya.

Selain itu, kata Senaidi, seluruh calon jemaah diminta untuk memakai pakaian ihram, sebelum diterbangkan ke Palembang.

Pasalnya, para tamu Allah ini akan terlebih dahulu diinapkan di Asrama Haji Bangka Belitung pada 28 Juni 2022, kemudian keesokan harinya akan diterbangkan ke Palembang sebelum bertolak ke Kota Jeddah, Saudi Arabia.

Untuk itu, ia meminta agar para jemaah dapat menjaga kebersihan dan kesucian pakaian ihram tersebut.

“Karena kita tidak lagi menginap di Palembang. Jadi hanya pindah pesawat saja di sana (Palembang), dan langsung bertolak ke Jeddah,” katanya.

Ia juga mengingatkan, cuaca panas di Mekah saat ini mencapai 40 derajat celcius. Untuk itu, diimbau agar para jamaah dapat menjaga kesehatan saat melaksanakan rukun Islam kelima itu.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan berpesan agar pelaksanaan ibadah haji bukan untuk mengejar predikat, apalagi karena saingan dengan tetangga.

“Jangan hanya mengambil status haji. Mata, telinga, perilaku kita semua harus kita hajikan. Karena kita mengharapkan haji yang mabrur dan mabruroh,” pesannya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar para jemaah dapat menjaga sikap dengan tidak mengotori hati dengan kesombongan.

“Jangan sampai haji yang kita lakukan ini rusak. Hati ini jangan sampai dikotori dengan dosa-dosa,” katanya. (mah)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: