Sukses Gelar MBKM Expo 2021, Rektor UBB Ibrahim: Kita Siap Hadapi Tantangan Era Globalisasi

PANGKALPINANG, LASPELA – Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Expo 2021 yang diselenggarakan di Swiss Bell Hotel Pangkalpinang, Sabtu (4/11/2021).

Rektor UBB, Dr. Ibrahim, M.Si., dalam sambutannya mengatakan program Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan dengan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menghadapi tantangan era globalisasi dengan kemajuan teknologi dan informasi yang begitu pesat. Ditambah lagi dengan fakta bahwa tidak ada permasalahan yang hanya bisa di selesaikan dengan satu ilmu atau keahlian saja,” ujarnya.

Disampaikan Ibrahim, kegiatan MBKM Expo UBB 2021 ini dilaksanakan untuk menunjukkan berbagai produk atau hasil pelaksanaan dari 8 Program Kuliah Luar Kampus, MBKM UBB pada tahun 2021 diantaranya  Riset, KKN Tematik, Kewirausahaan, Proyek Kemanusiaan, Proyek Independen, Pertukaran Mahasiswa, Asistensi Mengajar, dan Magang.

“Kegiatan ini adalah puncak dari program MBKM dari 8 progam yang telah dicanangkan dan dilaksanakan di lapangan selama satu tahun sejak di tetapkan sebagai kampus merdeka,” ujarnya.

Lanjut Ibrahim, MBKM Expo ini salah satu terobosan bagi kampus UBB, sebab menurut dia sejauh ini belum ada yang melaksanakan kegiatan seperti ini di Bangka Belitung yang sudah memiliki status MBKM seperti UBB.

“Pengamatan kami, belum ada yang melaksanakan kegiatan seperti ini dalam hal  MBKM Expo, maksudnya kegiatan ini untuk memberitahukan khlayak ramai bahwa ini loh hasil dari kegiatan MBKM dari 8 progam itu, dan masyarakat wajib tau serta kegiatan ini dilakukan secara terbuka hingga nanti malam,” ungkapnya.

Lebih jauh, dikatakan Ibrahim bahwa di UBB sendiri, program ini diwujudkan dengan pembagian semester dimana 5 semester mahasiswa belajar sesuai dengan prodi yang diambil, sementara 3 semester akhir bisa mengambil keahlian di luar program studi yang itu tetap dinilai 20 SKS.

“Minat dan bakat mahasiswa tentunya sangat beragam jadi tidak bisa dikunci pada satu program saja sekarang ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, konsep dari merdeka belajar ini yakni mengawinkan dunia akademik, pengetahuan dan soft skill. Hal Ini berorientasi dengan keadaan bahwa dunia yang luas dan tak melulu hanya konsen pada satu ilmu, untuk itu perlu hybrid keahlian untuk menjawab tantangan khususnya dunia kerja saat ini.

“Maka itu, hal ini lah yang dilakukan oleh para mahasiswa setidaknya selama kurun waktu 4 bulan terakhir, melalui MBKM Expo ini menjadi wadah yang efektif dan relevan untuk menunjukkan dan mempublikasikan hasil kerja, karya atau gagasan yang mereka miliki selama berkegiatan, sekaligus menjadi ajang untuk bertukar gagasan di antara para pengunjung dengan mahasiswa yang saat ini terlibat di dalam kegiatan MBKM Expo,” tuturnya.

“Kami melibatkan Kemendikbud Ristek, dan juga kami mengundang anak-anak yang juga barangkali potensial untuk mengenal lebih jauh tentang MBKM ini, di antaranya, para mahasiswa di semester bawah, stakeholders pendidikan, anak-anak di SMA sederajat, dan para guru SMA dan SMP di Bangka Belitung,” tambahnya.

Sementara itu, Deni Pratama, S.P., M.Si. selaku ketua pelaksana kegiatan MBKM Expo UBB 2021 mengatakan bahwa MBKM Expo ini menampilkan hasil karya dari 700 lebih mahasiswa UBB yang dibimbing oleh 100 lebih fasilitator, yang  sudah bekerjasama dengan 100 lebih mitra dari seluruh wilayah di Indonesia.

“Dari kegiatan MBKM expo ini diharapkan masyarakat lebih mengenal kegiatan MBKM yang telah dilakukan oleh mahasiswa, di mana dalam kegiatan tersebut mahasiswa telah menghasilkan produk-produk berkualitas berupa publikasi ilmiah dan non-ilmiah, hasil kreativitas, produk kewirausahaan, dan lain-lain,” ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan dimeriahkan antara lain, Talkshow Gebyar “Fun Learning” Anak Muda Bangka Belitung, dengan Narasumber Dra. Tika Bisono, M.Psi. T (Psikolog Pendidikan), Pemutaran video “Journey of MBKM UBB”, Stand Up Comedy, MBKM Fun Games, Edu-Talk and Campus Snap shoot “Pendidikan yang Memerdekakan”, dengan Narasumber Prof. Dr. Nizam, Ph.D / Dirjen Belamawa Orasi Pendidikan “Disrupsi, Industri, Pandemi, dan Kemerdekaan Belajar”, oleh Nadiem A Makarim, B.A., M.BA./Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pameran Hasil, Karya atau Produk MBKM UBB 2021.(wa)