Pemkab Basel Optimalkan Kepesertaan KB di Wilayah Transmigrasi, Targetkan 130 Kepesertaan MKJP

Sekda Basel, Haris Setiawan

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) terus berupaya meningkatkan Kepesertaan Keluarga Berencana (KB) yang jadi salah satu atensi BKKBN dalam kunjungan kerja Deputi KBKR BKKBN Dr Wahidin di Desa Fajar Indah, Kecamatan Pulau Besar beberapa waktu lalu.

“BKKBN mempunyai target 130 kepesertaan pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dengan metode pelayanan yang diberikan IUD, Implan, suntik, pil dan kondom, dan sudah tercapai,” kata Pj Sekda Basel, Haris Setiawan, Senin (24/6/2024).

Ia menyebutkan, adapun upaya yang telah dilakukan dalam peningkatan pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi antara lain penyelenggaraan pelayanan KB bergerak melalui mobil pelayanan (Muyan).

Selain itu, Pemkab Basel juga telah mendukung kepesertaan terkait KB terutama untuk metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

Apalagi Desa Fajar Indah menjadi lokus kegiatan dari BKKBN Provinsi Babel.

“Kita akan terus melakukan edukasi dengan harapnya kepesertaan akan terus semakin meningkat, sehingga program KB berhasil dan kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” ujarnya.

Namun, tujuan sebenarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesertaan KB melalui integrasi dan intensifikasi pelayanan KBKR di wilayah khusus transmigrasi, salah satunya adalah desa Fajar Indah.

Selanjutnya, dengan sosialisasi melalui mobil pelayanan diharapkan capaian kepesertaan KB di Basel sesuai target yang telah ditentukan dari BKKBN Provinsi Babel.

“Mari kita sukseskan program KB ini dalam rangka penyelenggaraan program KBKR di kawasan khusus transmigrasi sebagai upaya untuk pengendalian jumlah penduduk dan menciptakan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya. (Pra)