Lusje: Musrenbang RPJPD 2025-2045 Dengarkan Masukan dan Saran Pembangunan

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 20225-2045 yang digelar di ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (25/4/2024).

Musrenbang dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan. Ia menyebutkan, Musrenbang RPJPD ini penting dilakukan untuk mendengarkan masukan dan saran.

“RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun ke depan yang disusun dengan berpedoman pada RPJPN, Musrenbang merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder di Kota Pangkalpinang,” tuturnya.

Forum ini juga menjadi tempat dalam mendengar masukan dan saran apa untuk pembangunan Kota Pangkalpinang dalam jangka panjang, dimana saran dan masukan ini akan dirumuskan dalam kesepakatan yang ditandatangani oleh perwakilan pemangku kepentingan.

“Ini merupakan rencana pembangunan 20 tahun ke depan menuju Indonesia Emas tahun 2045, tadi penjelasan dari pusat, dari Bappenas saya liat dengan yang sudah disusun teman-teman, sudah ada rangkaian garis merah,” katanya.

Sehingga dengan garis merah ini, kebijakan apa yang ada di pusat akan selaras dengan di daerah. “Rangkaian itu ialah Pencapaian target indikator standar pelayanan minimal (SPM), percepatan pemulihan ekonomi, pengendalian inflasi, penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting, serta penyelesaian program prioritas lainnya,” pungkasnya. (dnd)