Hadir di Babel, Lantip akan Fokus dan Peduli Lansia

PANGKALPINANG, LASPELA – Organisasi Lansia Aktif Peduli (Lantip) sebentar lagi akan hadir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Organisasi ini akan aktif kepada permasalahan yang dihadapi lansia.

Calon Ketua Umum Lantip Babel, Zaidan mengatakan, kalau ada lansia yang tertimpa suatu masalah maka Lantip akan berperan dalam memberikan bantuan. Untuk itu, hal pertama yang akan dilakukan setelah Lantip resmi dilantik adalah bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) serta instansi terkait yang peduli lansia.

“Contohnya saja seperi Baznas atau Dinas Sosial, kami juga akan aktif mencari peluang sehingga memang kita mendapat dukungan anggaran untuk pembiayaan Lantip, sehingga Lantip ini aktif namum tidak hanya dengan materi pembinaannya saja tetapi juga bantuan-bantuan lain, bisa diberikan kepada lansia yang membutuhkan,” ujarnya saat ditemui Media Laskar Pelangi, saat hendak membuka Rakor Lantip Babel, di  Perpustakaan Kota Pangkalpinang, Selasa (6/2/2024).

Zaidan juga mengatakan jika pihaknya akan memberikan perhatian kepada lansia yang sakit, kurang mampu dan ditelantarkan. “Itu juga harus kita berikan perhatian karena kita yakin dan percaya kalau perbuatan baik akan berbalik baik ke kita pula,” sebutnya.

Selain itu, kepengurusan Lantip tidak hanya untuk pensiunan PNS, BUMD, BUMN atau Tentara saja, tapi untuk seluruh lansia. “Sehingga ketika lansia itu sudah pensiun dia tidak bingung mau ngapain, dia punya kegiatan yang dikerjakan di Lantip,” katanya.

Zidan berharap setelah dilantik Lantip  langsung bisa eksis, walaupun terbatas dengan anggaran. “Setelah pelantikan paling tidak ada tiga tempat lansia yang harus kita kunjungi sebagaj bentuk perhatian kita,” tuturnya.

Untuk saat ini pihaknya melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) kepada calon pengurus Lantip dan terus menjalin komunikasi terkait calon pengurus. (dnd)