Home / BANGKA BELITUNG / BKKBN Babel Lakukan Pelayanan KB dan Kespro di Belitung
Tim Keluarga Berencana Keliling (TKBK) BKKBN Babel saat melakukan pelayanan KB Keliling di Belitung.

BKKBN Babel Lakukan Pelayanan KB dan Kespro di Belitung

BELITUNG, LASPELA- Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKKBN Babel) terus berupaya mendekatkan akses dan kualitas pelayanan KB bagi masyarakat.

Terbaru, BKKBN Babel bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk KB dan Pemdes Kabupaten Belitung menyelenggarakan monitoring dan pembinaan program  Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR) di beberapa faskes di Belitung.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diadakan di tempat-tempat berbeda.

Pada hari Kamis, 20 Juli 2017, kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Sijuk dan Puskesmas Tanjung Binga, dan diakhiri dengan pelayanan KB bergerak oleh Tim Keluarga Berencana Keliling (TKBK) di Poskesdes Desa Terong Kabupaten Belitung.

Selanjutnya pada Jumat, 21 Juli 2017, kegiatan pembinaan dan pelayanan KB dilanjutkan di Puskesmas Air Saga, Puskesmas Renggiang dan Puskesmas Tanjungpandan.

Kasubbid Bina Kesertaan KB Jalur Pemerintah dan swasta, dr. Nofianti menyampaikan, kegiatan pembinaan dan pelayanan KB yang telah dilakukan Tim Keluarga Berencana Keliling di Belitung sangat penting dilakukan.

“Kegiatan ini penting karena dari monitoring dan pembinaan program KBKR di Belitung, kita dapat melihat pencatatan/pelaporan tentang permintaan alkon dan distribusi alkon serta distribusi alat kontrasepsi (Alkon) ke faskes sampai ke jejaringnya,” kata dr. Nofianti.

Selain itu, tim juga melakukan pemantapan pengelolaan program KB serta Kesehatan Seksual dan Reproduksi  (Kespro) di Faskes dengan tujuan agar  program KB dan Kespro semakin baik dan meningkat.

Tak hanya itu. Kerja sama dengan mitra kerja dalam melakukan promosi kespro pun diharapkan juga semakin meningkat.

“Dengan begitu kita juga berharap, media promosi semakin lengkap, serta masyarakat semakin sadar dan peduli dengan kesehatan reproduksi,” ujar Kasubbid Kespro, Endah RP.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan pembinaan mengenai pencatatan pelaporan pelayanan KB bagi  bidan-bidan  yang dilakukan oleh Isnaini, SE selaku Kepala  Bidang KBKR Perwakilan BKKBN Bangka Belitung di ruang pertemuan kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemerintah Desa, Kabupaten Belitung. (stef)

Editor: Stefanus H. Lopis

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: