Home / BANGKA BELITUNG / Demokrat Buka Pendaftaran Balon Gubernur | BANGKA BELITUNG

Demokrat Buka Pendaftaran Balon Gubernur | BANGKA BELITUNG

Pangkalpinang, LASPELA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kepulauan Bangka Belitung (Babel) secara resmi membuka pendaftaran penjaringan bakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil gubernur untuk  maju dalam pemilihan Kepala Daerah Provinsi Babel tahun 2017 mendatang.

Ketua tim penjaringan Partai Demokrat Babel, Nico Plamonia Utama mengatakan, proses pendaftaran penjaringan bakal calon (balon) dibuka mulai tanggal 14 hingga 26 April 2016, selanjutnya,  pengembalian berkas dilakukan mulai 27 April sampai 3 Mei 2016 untuk kemudian dilakukan verifikasi berkas tahap pertama.

Kemudian, lanjut Nico, bagi balon kepala daerah yang belum melengkapi berkas akan dikembalikan untuk diperbaiki yaitu pada masa perbaikan berkas mulai 4 hingga 6 Mei 2016, selanjutnya dilakukan verifikasi tahap dua pada 7 hingga 9 Mei 2016, apabila masih ada berkas yang belum lengkap, balon kepala daerah tidak terdaftar pada penjaringan Partai Demokrat dan dianggap tidak dapat mengikuti tahap selanjutnya yaitu, penyampaian visi dan misi bakal calon yang diselenggarakan 16 Mei hingga 25 Mei mendatang.

“Pertengahan sampai akhir Mei kita akan melakukan survei dari lembaga independen, yang nantinya akan menunggu instruksi pusat dulu,” ujarnya.

Nico menerangkan, tim penjaringan bertugas melakukan penjaringan sekaligus menjalin kemitraan dengan partai lain untuk melakukan koalisi dalam mengusung pasangan calon Gubernur dan Wakil gubernur.

“Koalisi dilakukan mengingat Demokrat hanya punya tiga kursi di DPRD Provinsi, jadi harus melakukan koalisi dengan partai lain termasuk dengan partai-partai yang satu visi dan misi dengan Demokrat dan kita sudah melakukan komunikasi secara intensif,” jelas Nico.

Nico menambahkan, proses penjaringan adalah mekanisme yang harus dilakukan di Partai Demokrat dalam rangka penentuan calon kepala daerah yang akan diusung, harus cermat dan tertib, sehingga calon yang diusung memenuhi persyaratan yang diinginkan oleh Partai Demokrat, yaitu Calon Kepala Daerah yang berbakti kepada rakyat dan bangsa Indonesia.

“Penjaringan terbuka untuk kader partai Demokrat dan di luar partai, hasil penjaringan ini akan disampaikan langsung ke DPP untuk diusung pada Pemilukada 2017,” ucapnya

Dengan pembukaan pendaftaran ini, Nico menghimbau supaya bagi calon yang ingin masuk dalam penjaringan partai demokrat untuk mendaftar, sebab calon yang ingin diusung oleh Partai Demokrat harus mendaftar, karena yang akan di proses untuk diusung hanyalah calon yang mendaftar saja.

“Yang direkomendasikan yaitu yang mendaftar dan ditindaklanjuti ke DPP itu satu pasang, yakni untuk calon gubernur dan wakil gubernur,”tutupnya.(ar/naf)

About Yudhie Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: