Tim Pembina Samsat Provinsi Babel Launching Layanan Samsat Drive Thru

* Mudahkan Layanan untuk Masyarakat

PANGKALPINANG, LASPELA – Tim Pembina Samsat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang terdiri dari unsur Kepolisian, Pemerintah Daerah, dan Jasa Raharja melakukan peresmian sekaligus launching layanan Samsat Drive Thru yang berlokasi di Komplek Perkantoran Pemprov Babel, Selasa (30/1/2024).

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kepulauan Bangka Belitung Arny Irawati Tenriajeng, bersama Penjabat (Pj) Gubernur  Kepulauan Babel, Safrizal Zakaria Ali dan Wakapolda Kepulauan Babel Brigjen Pol Drs Sugeng Suprijanto, didampingi oleh Dirlantas Polda Kepulauan Babel, Kombes Pol Juang Andi Priyanto, dan Kepala Bakuda Babel M. Haris, bersama-sama melakukan pemotongan pita sebagai tanda peluncuran layanan Samsat Drive Thru.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Kepulauan Bangka Belitung, Arny mengatakan peresmian layanan Drive Thru ini merupakan sebuah komitmen Tim Pembina Samsat Provinsi Babel dalam menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Bangka Belitung.

“Sesuai dengan tema launching samsat drive thru hari ini lebih mudah dan lebih cepat, kami harap ini dapat menjawab tantangan masyarakat untuk dapat terus meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak,’’ kata Arny kepada awak media.

Dia menjelaskan, layanan ini menjadi pelengkap layanan samsat sebelumnya yang telah ada seperti Samsat Keliling, Samsat Setempoh, Samsat Gerai, dan Samsat Malam.

“Inovasi ini tentunya bentuk komitmen kami Pembina Samsat Provinsi Babel dalam menghadirkan layanan prima kepada masyarakat, tentunya kami akan terus berinovasi dengan layanan-layanan yang memberikan kemudahan kepada masyarakat, serta tentunya proses digitalisasi samsat juga akan terus kami dorong agar masyarakat semakin mudah untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” ujarnya.

Disampaikan Arny, kedepan akan banyak inovasi layanan yang akan terus dikembangkan tim Pembina Samsat salah satunya adalah Samsat Digital.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kepada Wajib Pajak yang telah taat membayar pajak, Samsat telah melakukan Kerjasama dengan sejumlah merchant untuk memberikan voucher maupun potongan harga,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Babel Safrizal ZA menyampaikan hadirnya Samsat Drive Thru merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan layanan masyarakat, yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bersama tim Pembina Samsat.

“PAD (pendapat asli daerah) kita ini pendapatan tersebarnya masih dari pajak, oleh karena itu pelayanan wajib pajak harus lebih paripurna. Harapannya, orang lebih mudah bayar pajak (kendaraan bermotor),” katanya.

Ia menambahkan adanya kemudahan pembayaran yang lebih cepat tersebut, diharapkan bisa meningkatkan penerimaan daerah, dari sektor pajak kendaraan bermotor.

“Berdasarkan data Polda Babel, jumlah kendaraan bermotor di Babel yang menunggak pajak mencapai angka 40 persen dari keseluruhan, saya harap akan ada improvement lagi untuk menurunkan angka tunggakan pajak tersebut,” tutupnya.

Sebagai informasi pelayanan samsat drive thru dibuka pukul 08.00 – 13.30 WIB setiap hari Senin-Kamis, Pukul 08.00 – 11.00 pada hari Jumat, dan 08.00 – 12.30 pada hari Sabtu. Wajib Pajak cukup membawa KTP atau kartu identitas dan STNK Kendaraan saja, dengan hitungan menit saja lebih mudah tanpa harus mengantri dan tanpa harus turun dari kendaraan.(chu)