Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA SELATAN / Tahun 2019, 219 Korban Bencana Alam Sudah Ditangani Dinsos Basel

Tahun 2019, 219 Korban Bencana Alam Sudah Ditangani Dinsos Basel

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Sebanyak 2019 korban dari 11 bencana alam yang terjadi di Kabupaten Bangka Selatan sudah ditangani oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPPPAMD) Bangka Selatan sepanjang tahun 2019.

Kepala DSPPPAMD, Herman mengatakan bencana alam yang terjadi di Basel dalam rentang waktu yang berbeda tersebut meliputi puting beliung, kebakaran, banjir dan tertimpa pohon.

“Dominan korban banyak dari bencana banjir yang terjadi pada 27 Desember 2019 kemarin, yaitu kurang lebih sebanyak 200 korban,” kata Herman, kepada wartawan, Jumat (3/1).

Selain bencana banjir, ujar dia dominan kedua bencana alam yang terjadi yakni puting beliung yang terjadi di rentang waktu dan tempat yang berbeda.

“Berdasarkan data kita, di Basel pada tahun 2019 ada 6 kasus bencana puting beliung yang menghantam rumah warga sehingga menimbulkan 15 korban bencana,” ujarnya.

Selain itu, korban bencana kebakaran ada 3 kasus dan disusul 1 kasus bencana tertimpa pohon akibat angin kencang. “Dari sekian kasus bencana tersebut, tidak ada korban jiwa, dan untuk penanganannya anggota Tagana kita langsung turun ke lokasi, dan pasca bencana kita juga lakukan pemberian bantuan buffer stock atau logistik kepada korban bencana,” imbuhnya.

Untuk antisipasi bencana kedepannya, sebut dia pihaknya juga sudah menyiagakan anggota Tagana guna cepat merespon dan selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Damkar dan Basarnas.

“Kita selalu siapkan anggota Quick Respon dan selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Damkar dan Basarna,” sebutnya. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: