Home / BANGKA BELITUNG / Melati Erzaldi Kagumi Kain Cual Muntok

Melati Erzaldi Kagumi Kain Cual Muntok

Oleh : Indriani S. Wartawan Laspela

MUNTOK, LASPELA — Ketua TP PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengaku sangat bangga dengan kerajinan – kerajinan yang ada di Bangka Barat, terutama kain cual Muntok. Hal itu diungkapkannya saat melantik Ketua TP PKK dan Dekranasda Bangka Barat di Gedung Graha Aparatur, Pemkab Bangka Barat, Kamis pagi ( 28/11/2019 )

Melati menyampaikan rasa bangganya karena kerajinan cual ini sempat hilang pada tahun 2017 ketika Melati dipanggil oleh Ketua Dekranas pusat Mufidah Jusuf Kalla dan diberi tugas untuk menyelamatkan kain cual Provinsi Kepulauan Babel yang sejarahnya berasal dari Muntok.

Terkait tugas tersebut, Melati selaku Ketua Dekranasda Provinsi Babel segera menyusun beberapa program guna menyelamatkan kain cual Bangka Belitung.

” Alhamdulillah, beberapa program kami dari Dekranasda ini mencoba untuk mengkaderisasi para pelaku tenun cual, pendampingan bagaimana bisa mengembangkan cual itu sendiri, menciptakan hilirisasi cual itu sendiri, dengan bantuan beberapa CSR dalam hal ini Bank Indonesia berperan penuh,” papar Melati yang akrab dipanggil bunda Mel.

” Ini cual adalah khas Bangka Belitung yang mempunyai keunikan cara menenunnya, tidak bisa disamakan dengan songket – songket dan tenun lainnya. Kita harus bangga, itu adalah kekayaan kita,” jelasnya lebih lanjut

Melati juga meminta Ketua Dekranasda Bangka Barat, Evi Astura dapat membantu Dekranasda Provinsi untuk bersama-sama menjaga warisan kekayaan budaya khas Bangka Belitung ini agar tidak hilang dan punah.(is)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish