Paus Fransiskus Lelang Mobil Lamborghini Demi Dana Amal

Paus Fransiskus memberkati mobil Lamborghini Huracan yang dihadiahkan kepada dia.(OSSERVATORE ROMANO/AFP )

VATIKAN, LASPELA- Paus Fransiskus yang terkenal dengan selera transportasinya yang sederhana, pernah menolak “Popemobile” berbentuk satu mobil kecil Fiat 500. Jadi, wajar saja, jika mobil balap mewah Lamborghini juga diserahkan Paus seperti dikabarkan situs Newsweek, Rabu (15/11-2017).

Paus Fransiskus melelang mobil mewah tersebut untuk pengumpulan dana amal, khusus untuk membantu komunitas Kristen yang hancur karena kelompok milisi ISIS di Irak. Uang yang terkumpul akan mendanai Proyek Rekonstruksi Nineveh, tempat bagi wanita yang menjadi korban perdagangan manusia di tangan ISIS.

Paus Fransiskus sempat memberkati mobil Lamborghini edisi spesial itu dalam upacara Kota Vatikan pada Rabu (15/11). Nilai mobil model Hurrán khas di Eropa itu mencapai nilai sekitar 200.000 euro (US$ 236.000).

Tapi di pelelangan, dengan berkat dan tanda tangan Paus di kap mesin serta desain emas dan putih, mobil tersebut diperkirakan akan bernilai lebih mahal lagi.

Vatikan menyatakan penjualan mobil sport tersebut akan membantu orang-orang Kristen yang dipindahkan “untuk akhirnya kembali ke negerinya dan memulihkan martabat mereka.

Uang tersebut, yang dibuat dari penjualan di balai lelang terkenal Sotheby’s, akan membantu umat Kristen di Irak yang terpaksa melarikan diri dari serangan ISIS pada tahun 2014 serta badan amal Italia di Afrika.

Ini bukan pertama kalinya Paus Fransiskus melakukan penjualan kendaraan mahal untuk amal. Pada tahun 2014, dia menjual sepeda motor Harley-Davidson untuk membantu tempat penampungan tunawisma di Roma.

Tahun lalu, Paus meminta tiga mobil yang digunakan dalam perjalanan ke Polandia untuk dilelang sehingga dapat membantu pengungsi Suriah. Semua mobil itu adalah VW Golf warna biru laut dan memiliki plat nomor pribadi. (Newsweek/sp)

Editor: Stefan H. Lopis