Home / BANGKA BELITUNG / Abdul Fatah: Kembalikan Kejayaan Lada Babel
Wagub Babel Abdul Fatah (tengah) dan Bupati Bangka Barat Parhan Ali (kiri) ketika menghadiri peringatan Hari Muntok White Pepper, Senin (28/8/2017). Foto: Humas

Abdul Fatah: Kembalikan Kejayaan Lada Babel

MUNTOK, LASPELA- Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Wagub Babel), H. Abdul Fatah, menghadiri peringatan Hari Muntok White Pepper di halaman parkir Kantor Bupati Bangka Barat (Babar), Senin (28/8/2017).

Kegiatan yang bertujuan mengembalikan kejayaan Muntok White Peper tersebut juga dihadiri sekitar 480 petani lada, 60 pelaku usaha pertanian, 30 kelompok penerima alsintan dan 3 kelompok penerima polis asuransi Jasindo.

Wagub Abdul Fatah menyampaikan, dengan dilaksanakannya peringatan Hari Muntok White Pepper yang pertama ini menandakan komitmen masyarakat dan Pemda Babar yang sedang bertransformasi dari produksi timah ke perkebunan lada.

“Lada di Babel ini pernah mengalami masa kejayaan jauh sebelum timah pertama kali ditemukan orang. Terbukti ratusan tahun lalu, VOC mencari lada hingga ke tanah Bangka dan Belitung. Sekarang, produksi lada sudah jauh menurun dibanding dulu karena adanya alih fungsi lahan yang tak terkendali untuk kegiatan tambang timah,” kata Abdul Fatah.

Fatah menyebutkan, saat ini beberapa negara tetangga seperti India dan Vietnam punya produksi lada yang jauh di atas.

“Namun begitu, negara konsumen lada masih tetap mencari lada Babel, karena rasanya sangat pedas tidak seperti lada India dan Vietnam,” ujar Abdul Fatah.

Sekarang, ditambahkan Wagub Abdul Fatah, dengan timbulnya semangat untuk kembali menanam lada, ini merupakan bukti bahwa semua sudah siap bangkit dan menyongsong kembali kejayaan lada di Babel.

“Saya mengajak kita semua untuk bergeser dari timah ke lada. Sekaligus bekerjasama dengan tim Resi Gudang yang berupaya menjaga kualitas lada serta mengatur pemasaran lada tersebut,” pungkas Wagub Abdul Fatah. (humasbabelprov)

Editor: Stefan H. Lopis

 

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: