Home / BANGKA BELITUNG / Ekawati, Srikandi Kolaborator Adipura

Ekawati, Srikandi Kolaborator Adipura

DESA BERSIH menuju Adipura Tingkat Nasional. Itulah gagasan Srikandi Kolaborator Adipura, Ekawati Justiar Noer.
Selaras dengan Nawa Cita Pemerintahan Jokowi-JK, Ekawati menerjemahkannya dengan sangat baik, menyentuh pinggiran, semakin ke tengah menjadi bersih dan indah semuanya.

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah melaksanakan Adipura Tingkat Desa yang dimulai pada tahun ini. Dalam kegiatan ini diharapkan Adipura bukan hanya di tingkat Kabupaten namun juga di desa.

Kolaborator Adipura Kabupaten Bangka Selatan Ekawati mengharapkan gebrakan ini bisa menciptakan desa dan kota kabupaten bersih dengan lingkungan hijau.
Ia memulainya dengan sosialisasi dan keteladanan untuk mengubah mindset hidup bersih dan lingkungan indah.

Masyarakat desa didorong mengelola lingkungan secara perlahan dan bertahap sehingga yang cita-citanya segera terwujud.
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Selatan Ekawati Justiar mengatakan tujuan diselenggarakan Adipura Tingkat Desa  itu untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan yang sehat, lingkungan hidup yang lestari, serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.

Pelaksanaan Penilaian Adipura Desa  pada Minggu I dan II pada Bulan Juli 2017 dan diumumkan atau pembagian hadiah pada 30 Juli/17 Agustus 2017 bersamaan dengan momen HUT RI ke 72.

Materi atau titik penilaian yakni jalan utama desa, jalan lingkungan desa, sekolah, pasar, pertokoan, pemukiman, poskesdes, Bank Sampah, Kantor Desa, Hutan Desa, Sungai/Danau/Perairan, TPST/TPS 3R adalah berupa tempat pengilahan sampah atau pembuangan akhir sampah yang ada di desa tersebut.

Acara Pencanangan Desa Adipura dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer dan dihadiri Sekretaris Daerah Suwandi Aks, dan Unsur Forkopimda serta Unsur Pemda dan Camat dan Kades se Bangka Selatan
Sesungguhnya dengan pemberdayaan desa dalam hal kebersihan dan keindahan lingkungan, Ekawati sudah mengajak partisipasi masyarakat mewujudkan Sapta Pesona Pariwisata. Sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui.

Desa Hebat

Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer, mengatakan selama ini penilaian adipura hanya kepada kota kecil sedang dan besar. Padahal kebersihan itu bukan hanya pada skala itu dan bukan hanya tugas pemerintah, tetapi tugas kita semua.

“Kita ingin desa itu harus hebat, bersih, indah, nyaman dan aman. Ayo kita bergandeng tangan bersinergi, bersama-sama kita semua bergerak. Gerakan ini merupakan cermin masyarakat Kabupaten Bangka Selatan, masyarakat yang peduli pada kebersihan dan keindahan lingkungan,” kata Justiar.

Ia mencontohkan, sumber mata air dalam situasi lingkungan kita sekarang sangat berbeda, dulu desa terdapat tempat pemandian umum, sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan warga desa dan semua itu ada dan bersih setiap awal dan ujung desa.

“Sumber mata air sangat penting dan dijaga, oleh karena itu, maka peran desa beserta pihak terkait juga sangat dibutuhkan,” harap Justiar.

Selain itu, lanjut dia, semua proses kehidupan itu berkaitan dengan lingkungan, oleh karena itu ia menganjurkan penghijauan di setiap rumah, semisal pohon buah dan jangan lupa juga dengan memperhatikan sekaligus membangun drainase yang baik di setiap rumah.(berbagai sumber/kominfo/ero/ags)

 

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: