Home / BANGKA BELITUNG / Babel Gelar Lomba Pekerja Konstruksi
foto : humas

Babel Gelar Lomba Pekerja Konstruksi

  • Respon Pasar Tenaga Kerja

PANGKALPINANG, LASPELA- Sebanyak 40 peserta terdiri dari pekerja konstruksi utusan berbagai asosiasi dan lembaga penyedia jasa konstruksi se-Bangka Belitung mengikuti seleksi untuk menjadi yang terbaik dalam Lomba Pekerja Konstruksi Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016.

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Bina Kerjasama dan Pemberdayaan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu dibuka Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup K.A. Tajuddin, bertempat di UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di kawasan Air Itam, Rabu (26/10).

Lomba yang bertujuan meningkatkan jejaring kerja antara pelaku konstruksi dan pembinanya di tingkat daerah hingga nasional ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 25–26 Oktober 2016 dan peserta yang dinyatakan lulus seleksi akan diikutsertakan di tingkat nasional di Jakarta pada pertengahan November 2016 mendatang.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya yang dibacakan K.A. Tajuddin menginginkan, para pekerja konstruksi memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin dan bersaing secara sehat untuk meningkatkan kompetensi sesuai bidang kerja yang digeluti.

“Sehingga dapat meningkatkan respon pasar kerja jasa konstruksi untuk memanfaatkan tenaga terampil yang kompeten dari para pekerja konstruksi,” kutip Tajuddin.

Selain itu, lanjut Tajuddin, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pembentukan asosiasi ataupun paguyuban tukang dan mandor sebagai wadah berhimpunnya para pekerja konstruksi dan tempat pertukaran informasi bursa kerja konstruksi.

Berkompeten

Gubernur berpesan, hasil dari perlombaan ini dapat dipublikasikan secara luas untuk menunjukkan pekerja konstruksi Indonesia termasuk pekerja konstruksi di Bangka Belitung memiliki kompetensi baik dari sisi pengetahuan, keterampilan maupun sikap kerja dan mampu bersaing.

Sejumlah bidang dan jenis lomba pekerja konstruksi diperlombaan pada kegiatan ini yang dibagi dalam tiga kategori yakni SMK, umum dan badan usaha/perusahaan jasa konstruksi, hasilnya dinilai dewan juri dari Kemenpupera RI dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bidang juru gambar (drafter), bidang juru ukur (surveying) dan operator escavator dilaksanakan pada Selasa (25/10) di SMK Negeri 2 Pangkalpinang.

Bidang lainnya yakni bidang batu (tukang batu), bidang pembesian (tukang besi), bidang plumbing (tukang pipa), bidang pemasangan ubin (tukang pasang keramik), bidang instalasi listrik (tukang instalasi listrik), bidang pemasangan scaffolding, pelaksana lapangan pekerjaan jalan dan pelaksana lapangan pekerjaan gedung dilaksanakan Rabu (26/10) bertempat di BLKI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan SMK Negeri 2 Pangkalpinang.

Pada acara pembukaan ini, hadir Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup K.A. Tajuddin, dari Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI Warsito, Kepala Biro Pembangunan Setda. Babel Elfiana, Kepala BLKI Babel Saiful sejumlah undangan lainnya dan peserta lomba.

Sumber: humas.babelprov.go.id

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: