Home / BANGKA BELITUNG / 26 Murid SMP Diundang Ke Cina

26 Murid SMP Diundang Ke Cina

siswa SMP Negeri 2 Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Suatu kabar gembira bagi Dinas pendidikan kota Pangkalpinang, setelah melakukan kerjasama bidang pendidikan yang dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) dengan sekolah Hua Qiao Xue Xiao di kota Naning Propinsi Guangxi Cina beberapa waktu lalu, kini 26 Murid Sekolah Menengan Pertama (SMP) di Pangkalpinang turut diundang oleh sekolah Internasional Cina tersebut dalam rangka Summer Came pada 20Juni 2016 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Edison Taher menanggapi undangan tersebut mengatakan akan mengirim 26 murid SMP dari beberapa skolah SMP di Pangkalpinang yang bersedia ikut ke Cina guna memenuhi undangan dari sekolah Hua Qiao Xue Xiao tersebut.

26 siswa yang bakal dikirim kata Edison terdiri dari 4 SMP yaitu 2 siswa dari SMP Negeri 1, 21 siswa dari SMP Negeri 2, 2 siswa dari SMP Budimulya Pangkalpinang serta 1 siswa dari SMP Theresia Pangkalpinang.

” Kerjasama pendidikan sudah kita lakukan dengan sekolah Hua Qiao Xue Xiao dan undangan ini merupakan tindak lanjutnya.,” terang Edison.

Sesuai jadwal yang disampaikan, Summer Came ini berlangsung selama dua minggu dimulai dari 20 Juni hingga 2 Juli 2016 yang dihairi peserta dari negara-negara Asean. Seperti Vietam, Kamboja dan Thailand

“Sebenarnya mereka (sekolah Cina) mengundang 30 siswa tapi kita kirim 26 siswa saja dan selama di Cina para siswa akan diidampingi 2 guru yang dipercaya yaitu 1 guru dari SMP N 2 dan 1 guru dari SMP theresia,” ujarnya.

Selama di Cina terang Edison, siswa yang dikirim akan belajar tentang kebudayaan Cina, olahraga Cina disamping juga pengenalan sekolah dan pengenalan sistem belajar di sekolah Hua Qiao Xue Xiao termasuk mengenai wisata di Cina.

Biaya selama melaksanakan program Summer Came ini menurut Edison, sudah di tanggung oleh pemerintah Cina termasuk penginapan dan akomodasi lainnya sementara bagi siswa yang dikirm hanya menyiapkan biaya traspot untuk pergi dan pulang yang ditanggung oleh orang tua masing-masing.

“Biaya nya mahal dan kita belum punya anggaran untuk itu, jadi kita tawarkan ke orang tua siswa siapa yang sanggup, kedepannya kita akan coba kirim beasiswa tinggal penyususnan anggarannya saja,” ungkap Edison.

Edison menjelaskan, Hua Qiao Xue Xiao merupakan Sekolah setara SMA/SMK  International terletak di kota Naning yaitu pusat kerjasama negara asean yang ditunjuk oleh pemerintah Cina, murid-murid sekolah ini dari seluruh masyarakat Asean.

Kota Pangkalpinang sendiri baik tingkat SMP dan SMA sudah melakukan kerjasama dibidang pendidikan termasuk dengan pemerintah kota, untuk itu dipersilahkan bagi siswa-siswi terbaik yang ingin bersekokah ke Hua Qiao Xue Xiao.

Pemerintah kota Pangkalpinang melalui Dinas Pendidikan juga telah merencanakan menyusu bantuan dari APBD bagi siswa berprestasi untuk bersekolah di Hua Qiao Xue Xiao. (naf)

About Yudhie Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: