3.256 KPM di Bangka Tengah Terima BPNT Triwulan II

BANGKA TENGAH, LASPELA – Sebanyak 3.256 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bangka Tengah menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) periode triwulan II Tahun 2024, Rabu (17/4/2024). Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Bateng, Padhillah mengatakan, BPNT diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan dengan periode salur tiga bulan, yaitu periode April sampai Juni 2024 atau sebesar Rp600.000.

“Hari ini pendistribusian penerima BPNT periode kedua pada bulan April, Mei, dan Juni sesuai dengan ketentuan yang diatur dari pihak Kementrian Sosial dan ini pencairannya melalui Kantor Pos,” kata Padhillah.

“Khusus hari ini, alhamdulillah Bupati Bateng bisa hadir untuk menyerahkan dan melihat proses pencairan bantuan pangan uang tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM yang menerima,” tambahnya.

Bantuan yang dibagikan pada Hari Rabu (17/4/2024), dikatakan Padhillah, diserahkan kepada warga Arung Dalam sebanyak 47 KPM, Kelurahan Berok sebanyak 61 KPM, Padang Mulya sebanyak 66 KPM, dan Penyak 67 PKM. Total penerima BPNT di Bangka Tengah adalah 3.256 KPM yang akan menerima bantuan setiap bulan sampai dengan Desember 2024.

“BPNT akan disalurkan sampai tanggal 23 April 2024 melalui Kantor Pos, kantor desa, ataupun kantor kecamatan,” katanya.

Padhillah juga menjelaskan, KPM BPNT terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan untuk menerima BPNT tersebut harus memenuhi persyaratan, seperti harus masuk DTKS yang berpotensi miskin dan layak untuk diberikan program bantuan, tidak menerima program lain yang diusulkan baik itu bersumber dari APBD dan APBD, serta melewati verifikasi kelayakan tiap bulan. Tujuannya untuk meringankan beban kehidupan masyarakat.

“Kegiatan ini rutin setiap tahun sejak masa pandemi covid dan sampai sekarang masih berjalan, cuma untuk penerima ada perubahan sesuai persyaratan,” katanya.

“Jumlah warga yang menerima BPNT tergantung verifikasi di lapangan yang dilakukan tim. Sampai hari ini kita terus melakukan upaya terbaik dan tepat sasaran,” pungkasnya. (jon)