Tetap Fit saat Berpuasa, Sahur dan Berbuka Perbanyak Konsumsi Buah 

PANGKALPINANG, LASPELA – Saat menjalani ibadah puasa cairan tubuh pasti akan berkurang, tubuh akan rentan dehidrasi karena tidak ada cairan yang masuk saat berpuasa.

Namun dengan berpuasa pun dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Untuk itu sebelum berpuasa akan lebih baik jika tubuh  memakan makanan dengan kandungan air yang banyak, salah satunya ialah buah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim mengatakan selama berpuasa tubuh akan mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

“Dari Subuh hingga Maghrib kita berpuasa, tentunya tubuh akan rentan dehidrasi, untuk itu mengkonsumsi buah-buahan dapat menjadi alternatif bagi tubuh agar tidak kekurangan air, dan minum air putih yang cukup pun mempunyai manfaat yang baik,” katanya.

Serta untuk dapat memulihkan energi, makan buah saat sahur maupun berbuka, ternyata memberi manfaat yang besar bagi tubuh.

“Makan buah dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh selama seharian penuh berpuasa, dengan makan buah akan banyak manfaatnya untuk tubuh dan mengembalikan keseimbangan elektrolit dalam tubuh,” ujarnya.

Rutinitas memakan buah pun dikatakannya harus mulai diterpakan bagi masyarakat, ia juga mengatakan lebih baik tidak mengkonsumsi gorengan berlebihan.

“Ditambah kondisi cuaca saat ini, batuk dan flu menjadi salah satu penyakit yang mengintai kita, mengurangi makan gorengan saat buka dan sahur akan baik untuk tubuh, lebih baik makan buah seperti mangga dan melon yang merupakan sumber vitamin A dan C,” tuturnya. (dnd)