Tahun Depan Pemkab Basel Tidak Buka Penerimaan PHL

// Sebanyak 2.439 orang PHL di Basel Memenuhi Syarat Ikut P3K

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tahun 2023 mendatang tidak akan melakukan penambahan tenaga Pegawai Harian Lepas (PHL).

“Akan tetapi ada pembukaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) di tahun 2023 mendatang,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Basel, Eddy Supriadi di Toboali, Senin (26/12/2022).

Menurut Eddy, hal tersebut sesuai dengan petunjuk dan arahan dari pemerintah pusat, bahwa tidak ada lagi penambahan honorer di lingkungan Pemerintah baik tingkat kabupaten/ kota maupun provinsi di seluruh Indonesia.

“Tidak ada anggaran penambahan PHL atau honor, akan tetapi dibuka pendaftaran ataupun lowongan PPPK seperti pendidikan dan kesehatan,” ujarnya.

Diketahui, data terakhir jumlah PHL di lingkungan Pemkab Basel ada sebanyak 2.868 orang dan tersebar di seluruh Organisasi perangkat daerah (OPD).

Sedangkan, terkait hal ini Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan, Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Basel, Suprayitno, mengatakan pihaknya telah melakukan pendataan dan verifikasi ulang PHL yang memenuhi syarat.

“Setelah dilakukan pendataan dan verifikasi PHL yang memenuhi syarat untuk mengikuti PPPK hanya sebanyak 2.439 orang,” terang Suprayitno.

Lanjut dia, Pemkab Basel pada tahun 2022 ini memiliki kuota sebanyak 160 orang calon PPPK yang terbagi di formasi guru sebanyak 104 orang, tenaga kesehatan sebanyak 50 orang dan tenaga teknis sebanyak enam orang.

“Pemkab Basel terus melakukan upaya, terutama untuk membuka pendaftaran ataupun kuota calon PPPK yang ada dilingkungan Pemkab Basel,” pungkasnya. (Pra)