Berlobang dan Akibatkan Kecelakaan, Warga Tanam Pisang di Jalan Sultan Syahrir Toboali

TOBOALI, LASPELA – Jalan Sultan Syahrir, Kampung Bukit, Kelurahan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ditanami warga dengan batang pisang, lantaran berlobang dan belum ada perbaikan jalan selama 10 tahun terakhir.

Salah seorang warga setempat, Taspirani (52) mengatakan bahwa kondisi jalan berlobang ini sekitar lima bulan yang lalu.

“Kondisi jalan berlobang ini sekitar lima bulan yang lalu, awal mula lobang tersebut kecil dan menjadi besar seperti ini,” kata Taspirani, Selasa (8/11/2022).

Ia menyebutkan, Jalan Sultan Syahrir, Kampung Bukit ini memang sudah lama tidak diaspal, terakhir 10 tahun yang lalu.

“Alasan kami memasang pohon pisang, agar pengguna jalan berhati-hati dalam berkendara, karena disini sudah ada kejadian kecelakaan sebanyak tiga kali dikarenakan jalan tersebut berlobang,” jelasnya.

Tasfirani berharap, Bupati Basel dapat segera memperbaiki jalan tersebut. Pasalnya sudah beberapa pengendara jadi korban jatuh di jalan tersebut.

“Tentunya kami mohon kepada Pak Bupati Basel, agar secepatnya diperbaiki jalan ini untuk menghindari kecelakaan atau korban jiwa,” harapnya.

Ia menambahkan warga di sekitar sudah merasa kesal, lantaran tak kunjung di perbaiki padahal sudah memakan korban kecelakaan.

Hal senada disampaikan Martin, dirinya berharap kepada pemerintah daerah (Pemda) segera memperbaiki jalan berlobang ini.

“Segera diperbaiki jalan ini, karena sudah ada kejadian kecelakaan akibat jalan berlobang, sekali lagi kepada pemda untuk segera memperbaiki sepanjang Jalan Sultan Syahrir, Kampung Bukit ini,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Basel, Riza Herdavid saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa dirinya sudah memerintahkan bawahannya turun ke lapangan.

“Siap, sudah saya perintahkan dinas turun, terima kasih infonya,” ucap Riza.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHUB) Basel, Ansyori, mengatakan kawasan jalan Bukit Toboali yang rusak tersebut sudah masuk dalam perencanaan pengaspalan Dinas PUPRHUB Basel.

“Sudah masuk dalam rencana aspal tahun 2022 itu, hanya belum dikerjakan saja dan juga sudah ada jalan dalam kota,” tandas Ansyori. (Pra)