Home / BANGKA BELITUNG / Diatas Lahan 8 hektar Hendri Bisa menghasilkan 300 liter madu

Diatas Lahan 8 hektar Hendri Bisa menghasilkan 300 liter madu

MANGGAR, LASPELA – Budidaya Madu menjadi pilihan bagi Hendri untuk membuka peluang usaha, dalam 3 tahun di bawah naungan usaha Billitone BEE Farm Hendry dapat menghasilkan 300 liter madu dalam sebulan, Jum’at (28/2/2020).

Usaha budidaya madu yang dilakukan sekitar 3 tahun ini diungkapkan pemilik Hendry karena perawatan madu cukup mudah dan tidak bersengat dengan mengambil sumber pakan dari alam yang dihasilkan dari tanaman.

“Tanaman pakan lebah madu banyak tumbuh di alam dan ada juga yang ditanam. Salah satu pakan kesukaannya yakni nektar, sebuah cairan yang berasal dari kelopak bunga yang membuat lebah mampu menghasilkan madu,” ujar Hendry.

Hendry yang mengembangkan budidaya lebah trigona di bawah naungan usaha Billitone BEE Farm ini dilakukan bersama keluarganya. Hanya dengan memiliki ribuan boks yang tersebar di lahan seluas 8 hektar, ia bisa panen madu minimal 300 liter tiap bulannya.

Agar kelangsungan hidup madu tetap bertahan dalam memproduksi madu, selain memperhatikan pakan, mereka juga selalu mengawasi setiap titik sarang madu.

“Sebagai pertahanan koloni, boks-boks pintu kayu yang tersebar tersebut, masing-masing dipasang sekrup atau baut sebagai pertahanan utama dari predator seperti semut, burung, kecoa, cicak hingga monyet,” ungkap Hendry.(wah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: