Home / BANGKA BELITUNG / BPS Lakukan Sensus Penduduk 2020 Serentak Seluruh Indonesia

BPS Lakukan Sensus Penduduk 2020 Serentak Seluruh Indonesia

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA- Badan Pusat Statistik akan melaksanakan Sensus Penduduk Online secara serentak di Indonesia dalam rangka untuk meningkatkan informasi kependudukan sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia. Sensus akan dimulai tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Ir Rizanal Mahmudin, mengatakan bahwa data sensus penduduk tahun 2020 akan dipakai sebagai data kependudukan dan karakteristiknya, sebagai data evaluasi pembangunan nasional dan pembangunan manusia, dan sebagai dasar perencanaan diberbagai bidang.

“Pastikan kita semua tercatat dan ini kesempatannya sekali dalam sepuluh tahun dan mari ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk ketujuh di Indonesia,” kata Rizanal, Jumat (14/02/2020).

Rizanal mengungkapkan bahwa BPS Bateng akan menurunkan seluruh petugasnya, dan hari pertama akan melakukan sensus kepada orang- orang penting Bateng terlebih dahulu.

“Untuk besok (15/02/2020) kita akan melakukan sensus kepada para pemimpin yang ada di Bateng,” ungkap Rizanal.

Rizanal menambahkan penduduk yang tidak tercatat saat sensus pada 15 Februari – 31 Maret, maka petugas akan melakukan sensus pada 1 – 31 Juli 2020.

“Masyarakat juga bisa melakukan sensus secara mandiri dengan masuk ke laman sensus.bps.go.id setelah itu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) selanjutnya ikuti panduan yang ada,” jelas Rizanal.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: