Home / BANGKA BELITUNG / PLTD Merawang Lakukan Uji Operasi Allen 4016, Gunakan CPO

PLTD Merawang Lakukan Uji Operasi Allen 4016, Gunakan CPO

Oleh : Dinda Agus Tiantie.

PANGKALPINANG, LASPELA – PLN Bangka Belitung melakukan uji operasi Allen 4016 berbahan bakar CPO di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Merawang.

Uji operasi yang dilakukan PLN ini berdasarkan perintah Pemerintah melalui Kementrian ESDM kepada PLN agar PLN melakukan langkah-langkah dalam rangka konversi PLTD menjadi pembangkit listrik berbasis CPO.

“Jadi PLTD Merawang ditunjuk oleh PLN UIW Babel untuk melakukan uji coba ini,” ujar Ramlan Gurning selaku Manager Bagian Engineering UPK Babel, Kamis (12/12/2019).

PLTD Merawang telah melakukan uji coba selama 16 jam, dan dari hasil uji coba tersebut, PLTD telah mendapatkan sertifikat layak operasi.

“Kita sudah uji coba selama 16 jam dan mampu mengaliri listrik sebanyak 2400 rumah, dan dari uji coba tersebut PLTD Merawang telah mendapatkan sertifikat layak operasi, untuk bahan bakunya kita menggunakan 12 ton CPO, ini naik sekitar 1 ton, dibandingkan dengan penggunaan solar,” ujarnya.

Kedepan pihaknya kata Ramlan, akan melakukan uji coba kembali dan direncanakan akan dilakukan selama 360 jam.

“Ini akan kita targetkan akan berlangsung pada tahun ini, dan akan kita implementasikan ada uji coba Allen 4016,” tuturnya.

Ramlan menambahkan, untuk mesin yang digunakan dalam uji operasi menggunakan satu mesin, dikarenakan perawatan mesin berbeda dengan ketika menggunakan solar. (dnd)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish