Home / BANGKA BELITUNG / Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Berikan Edukasi Pasar Modal Kepada Masyarakat Belitung

Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Berikan Edukasi Pasar Modal Kepada Masyarakat Belitung

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI BEI) Akademi Manajemen Belitung (AMB) mengadakan belajar investasi bareng forum calon investor di Hotel Harlika, Tanjungpandan, Sabtu (21/09/2019).

Dikatakan Direktur Galeri Bursa Efek Indonesia Akademi Manajemen Belitung (AMB) Juliana Palit, acara tersebut memberikan edukasi pasar modal ke seluruh masyarakat Belitung, Pihaknya akan menyampaikan materi seputar investasi.

Yang disampaikan langsung oleh narasumber kegiatan dari Kepala BEI Bangka Belitung, juga dari First Asia Sekuritas (FAS) sebagai pengisi materi sehingga masyarakat bisa datang langsung belajar teknis.

“Ini untuk semua kalangan, Umum. Kalau dulukan orang mikirnya investasi saham itu mesti punya uang besar, ratusan juta, puluhan juta atau kalangan tertentu, ‘pengusaha aja nih’ enggak, mahasiswa pun udah bisa. Karena syaratnya cuma KTP dan Kerening tabungan,” ujar Juliana.

Disampaikan Juliana, untuk ikut investasi dalam bentuk saham ini tidak perlu mengeluarkan banyak dana. Bahkan dengan hanya uang 100 ribu rupiah saja sudah bisa ikut berinvestasi saham modal.

“Nanti bisa datang ke acara kita, program kita, edukasi pasar modal. Ada 3 hingga 4 program seriap bulannya untuk masyarakat Belitung. Nanti kita usahakan untuk selalu kontinyu, nanti dapat ilmu baik itu teknikal menggunakan aplikasi syarat untuk tabungan saham semuanya jelas di situ,” katanya.

Nantinya, para peserta ini akan diberi edukasi sehingga mereka, terutama masyarakat Belitung mengerti dengan cara kerja Bursa Efek. Bukan hanya menanam saham saja, tetapi tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

“Kami menyarankan untuk yang baru pemula, belajar, 100 ribu dulu. Jadi dari semua ilmu yang kita kasih tolong diimplementasikan, dicoba. Nanti dari 100 ibu, jadi tidak ada uang besar dulu. Jadi kitas kasih edukasi belajar dulu nih, mengenal dulu saham, bagaimana mainnya, bagaimana waktu yang tepat untuk jual belinya,” tukasnya.

Untuk pemain saham sendiri disampaikan Juliana, memiliki dua jenis, yaitu trader dan investor. Trader sendiri adalah orang yang melakukan jual beli saham dengan waktu singkat. Sedangkan investor adalah orang yang menginvestasikan uangnya (membeli saham ke suatu perusahaan) dengan jangka waktu yang lama. (din)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish