Home / BANGKA BELITUNG / Pemasaran Sirup Kunci Mirando Kian Meluas Berkat PT Timah

Pemasaran Sirup Kunci Mirando Kian Meluas Berkat PT Timah

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Sirup Kunci, Hera sangat terbantu dalam hal pemasaran berkat bantuan PT Timah Tbk.

“Berkat PT Timah, pemasaran produk kita sudah ketingkat nasional dan internasional. PT Timah tidak hanya membantu permodalan tetapi juga mempromosikan dan memasarkan produk,” kata pelaku UKM sirup jeruk kunci Mirando, Hera, Rabu (8/5/2019).

Ia menyebutkan, PT Timah seringkali mengikutsertakan produk UKM pada moment pameran dan dipromosikan melalui sosial media. Selain itu, PT Timah juga seringkali memberikan pelatihan bagi pelaku UKM.

“Tidak hanya meningkatkan bantuan modal usaha, pemasaran saja, PT Timah Tbk juga sering mengadakan pelatihan manajemen usaha kecil,” tuturnya.

Ia berharap, melalui dukungan PT Timah produknya bisa lebih dikenal masyarakat luas. “Program CSR PT Timah sangat membantu pelaku UKM terlebihnya dalam hal permodalan dan promosi produk,” tuturnya.

Ia menyebutkan, siruo jeruk kunci Miranda sudah hadir di Babel sejak tahun 2012. “Saya serius menekuni usaha ini setelah mengantongi perizinan dan mendapatkan kucuran dana dati PT Timah melalui program mitra binaan,” jelasnya.

Ia menceritakan, awalnya ia putus asa dan bimbang harus meneruskan usahanya atau tidak karena keterbatasan moda, namun berkat bantuan modal PT Timah kini usahanya terus berkembang.

Dalam satu kali produksi Hera membutuhkan 30 kilogram jeruk kunci yang menghasilkan sekitar 280 botol.

“Pemasaran kita ke cafe, warung kopi, toko snack, online dan sebagainya. Produk kita tidak hanya beredar di Babel saja tapi juga kedaerah lainnya seperti Jakarta Bandung dan sebagainya,” tutupnya.(wa)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish