Rutinitas Tahunan, SDIT Alam Cahaya Gelarkan OTFA

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – SDIT Alam Cahaya Toboali menggelarkan Out Trekking Fun Adventure (OTFA) pada 24-25 April 2019 di kawasan wisata Tanjung Kerasak Bangka Selatan bertema “Mengejar Asa Bersama Alam, Membangun Tenda Peradaban”.

Kegiatan rutin dilakukan pada semester II dan dikemas dalam berbagai aktivitas seperti pemasangan tenda, science sharing, Fun game, jelajah malam, out bone. Hal ini diutarakan oleh Kepala sekolah SDIT Alam Cahaya Toboali, Ustad Alansori, Jumat (26/4).

Dengan Kegiatan ini, ia berhap dapat memberikan keterampilan pengelolaan diri, pembentukan karakter, dan nilai-nilai dalam pendidikan luar kelas melalui kegiatan camping.

“Pengembangan sikap sabar, santun, disiplin, bertanggung jawab, bekerjasama, percaya diri, empati, kreatif dan demokratis diharapkan dapat dibentuk dalam jiwa peserta didik,” kata Ustad Alansori seraya menambahkan ketrampilan menjaga keselamatan diri, orang lain dan lingkungan, kecintaan pada alam dan terutama pada Sang Pencipta, menyadarkan kebesaran Tuhan melalui ciptaan-Nya.

Ia menuturkan, kegiatan ini dapat menyatukan siswa dan guru dalam kebersamaan dan paling menarik dari kegiatan ini adalah jelajah malam dan siswa akan sangat menunggu saat-saat itu.

“Siswa akan melewati banyak tantangan pada saat jelajah malam. Siswa akan berjalan per kelompok melewati gelapnya hutan hanya menggunakan lampu senter di kepalanya (head lamp),” tukasnya.

Ustad Alansori juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa keberanian siswa dalam melewati tantangan yang ada.

“Menumbuhkan keyakinan bahwa Allah lah satu-satunya tempat kita berlindung. Allah adalah Pencipta alam semesta beserta isinya, menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama, menjaga dan menghargai ciptaan Allah dan menumbuhkan ukhuwah islamiyah yang terjalin selama kegiatan OTFA,” sebutnya.

Ia juga berharap, kegiatan ini membawa banyak kebaikan peserta dan tentunya menambah kedekatan kita kepada Allah SWT. (Pra)
Kirim dari Fast Notepad