Home / BANGKA BELITUNG / Sekjen PP Muhammadiyah Ingatkan Pentingnya Silaturahmi

Sekjen PP Muhammadiyah Ingatkan Pentingnya Silaturahmi

PANGKALPINANG,LASPELA – Sekretaris Umun Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, DR. Abdul Mu’ti, M.ed mengingatkan umat untuk saling bersilaturahmi.

“Silaturahmi ini penting. Karena dapat membuat kehidupan yang semakin aman dan berkemajuan,” ujar Abdul Mu’ti saat mengisi cermah dalam halal bihalal muhammadiyah di masjid Muhajirin Pangkalpinang, Jumat (13/7/2018).

Menurut Abdul, silaturahmi atau halal bihalal memiliki 2 suasana kegiatan refresing sekaligus, yakni pertama suasana spritual refresing yaitu suasana kebathinan yang segar, memiliki energi yang penuh semangat dan tentunya dalam suasana yang penuh dalam kegembiraan.

Yang kedua, lanjutnya melakukan suasana sosial refresing yakni suasana memperbaiki hubungan sosial dengan konsep open house (buka rumah), open mind (buka pikiran), dan open heart (buka hati).

” Bila kedua suasana ini didapati maka kebahagiaan dan kesuksesan akan diraih. Hubungan yang selama ini putus, kita perbaiki kembali. Dengan persaudaraan yang tulus dan maju bersama-sama,” imbuhnya.

Abdul juga mensitir sebuah hadist nabi Muhammad SAW yang berbunyi barang siapa yang menginginkan rejeki dan dipanjangkan umurnya maka ia harus banyak silaturahmi. Dan dalam hadist lainnya juga disebutkan barangsiapa yang ingin ditinggikan derajatnya dan dikokohkan kedudukannya hendaknya ia memaafkan orang yang menzholimi, hendaknya pula ia mau memberi kepada orang yang tidak memberi, dan hendaknya pula menyambung terus silaturahmi.

DR lulusan Australia ini juga menjelaskan ada beberapa kunci silaturahmi sesuai tuntunan Allah dan rasulnya, yakni harus mencintai manusia karena Allah dan rasulnya, harus berprasangka positif terhadap orang lain, hendaknya jangan merasa menjadi superior dari orang lain dan terakhir harus saling bekerjasama dan saling memuliakan. (*)

About kirafadewa86

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish