Rumah Pintar Pemilu Sarana Edukasi Pemilih Usia Dini

MUNTOK, LASPELA – Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Martono mengatakan, Rumah Pintar Pemilu ( RPP ) merupakan salah satu instrumen yang dibuat KPU untuk edukasi, pendidikan politik bagi masyarakat dengan penyebaran informasi terkait kepemiluan dan demokrasi.

” Sehingga diharapkan dengan adanya rumah pintar, pemilih atau masyarakat semakin mengerti, hak dan kewajibannya dan akhirnya sadar untuk berpartisipasi dalam proses Pemilu,” ujar Martono kepada Laspela, usai peresmian Rumah Pintar Pemilu ( RPP ) di Kantor KPU Bangka Barat di Muntok, Rabu ( 16/5/2018 ).

Sasaran RPP kata Martono, selain pemilih pemula, juga kepada calon pemilih usia dini agar mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan Pemilu.

” Jadi, kita harapkan juga anak – anak SD, TK itu juga bisa berkunjung ke RPP, melihat, diperkenalkan dengan TPS, perangkat – perangkat Pemilu. Jadi diharapkan dari awal, sejak dini mereka sudah diperkenalkan dan sudah tahu perangkat – perangkat terutama dalam proses pemungutan suara di TPS,” jelas dia.

Lebih lanjut Martono menjelaskan, seluruh KPU Provinsi dan Kabupaten/kota, membentuk RPP. Hal ini kata dia, telah dimulai sejak tahun 2015. RPP KPU Bangka Barat sendiri baru dapat dibentuk dan diresmikan pada tahun 2018 karena baru dianggarkan.

Martono menambahkan, RPP bisa dikunjungi setiap hari di Kantor KPU Bangka Barat. Namun dia menyarankan agar pengunjung, terutama dari sekolah – sekolah untuk memberikan informasi ke KPU Bangka Barat terlebih dahulu agar bisa disiapkan segala perangkat yang terdapat dalam RPP.

” Ini bukanya jam kerja. Tapi sebaiknya kalau ada kunjungan itu harusnya di informasikan dulu, misalnya dari sekolah, nanti kita siapkan petugas untuk melayani, karena kan bukan hanya ada ruang perpustakaan dan displaynya aja ya, nanti kan disebelahnya itu ada ruang audio visual untuk menonton video tentang Pemilu dan penyelenggaraan Pemilu,” tutupnya. ( SK ).