PHRI Babel Bangkitkan Kejayaan Pariwisata Babel

  • Bambang Patijaya : Digarap maksimal, Pariwisata Babel akan Besar Menarik Wisatawan Domestik maupun Luar Negeri

SUNGAILIAT, LASPELA – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Babel mengadakan rapat kerja daerah (Rakerda) bersama pengurus dan pemilik hotel dan restoran yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Cendarawasih Hotel Tanjung Pesona Bangka, Rabu (14/3/2018).

Rakerda ini mengusung tema “Revitalisasi Peran PHRI Dalam Membangun Dunia Pariwisata di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” yang dihadiri oleh Gubernur Babel yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Drs. Rivai, Ketua PHRI Sumsel/Koordinator Wilayah PHRI Sumatera, Herlan Asfiudin, SH, Ketua PHRI Babel, Bambang Patijaya, SE, MM, Perwakilan Danrem 045/Gaya, Perwakilan Kapolda Babel, Ketua GIPI Babel, Johan Riduan Hasan, para pelaku pariwisata, serta anggota PHRI Babel dan tamu undangan lainnya.

Ketua BPD PHRI Babel, Bambang Patijaya mengatakan bahwa dunia pariwisata khususnya dunia perhotelan dan restoran memiliki potensi yang sangat besar sehingga perlu digarap dengan maksimal yang dikemudian hari, dunia perhotelan dan restoran di Bangka Belitung memiliki daya saing yang dapat menarik para wisatawan dari dalam maupun luar daerah bahkan luar negeri.

“Kita semua harus bersinergi dalam membangun dunia perhotelan dan restoran dengan cara meningkatkan kualitas SDM serta penunjang lainnya. Sebab potensi pariwisata akan besar dan maju untuk menopang perekonomian Babel sekarang dan kedepan,” katanya.

Bambang menekankan dengan menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) ini bisa menjadi pedoman dan acuan untuk menentukan program kerja yang bisa mengangkat kepariwisataan Babel ke kancah nasional maupun internasional.

” Harapan saya dengan rakerda ini, program kerja PHRI Babel terukur, terarah untuk mendongkrak pariwisata dan sinergitas stakeholder bersatu padu untuk kemajuan bersama,” tutur BPJ, akrab disapa.

Sementara, Herlan Asfiudin selaku Korwil PHRI Sumatera sekaligus Ketua PHRI Sumsel mengatakan nilai-nilai destinasi kepariwisataan ditopang dalam dunia perhotelan dan restoran. Maka, sangat penting pelaku wisata harus berkompeten. di Bangka Belitung ini tempat-tempat wisata bagus,ditunjang lagi dengan nilai nilai seni yang sangat tinggi.

” Saya mengapresiasi dengan pengurus DPD PHRI Bangka Belitung, baru saja menjabat dua bulan sudah melakasanakan rakerda. Maka itu, buatlah program kerja kedepan untuk memajukan pariwisata Babel. Babel ini punya potensi besar untuk menjadi tujuan wisata di Indonesia, pantai dan destinasi wisatanya bagus-bagus,” ucapnya.

Sedangkan, Rivai selaku Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Babel menyambut baik kehadiran PHRI Babel dalam memajukan pariwisata. Berbicara mengenai pariwisata pasti berbicara mengenai kunjungan baik dari skala ataupun kualitasnya , sehingga sangat penting peran para akademisi, media, dan para anggota PHRI Babel untuk tetap bersinergi dalam melakukan inovasi baru demi kemajuan pariwisata di Bangka Belitung.

” kita harus meningkatkan kualitas SDM yang akan membawa nama baik pariwisata di Babel, percuma kita gembar gembor tentang pariwisata kalau pemerintah dan stakeholder tidak saling mendukung. Ayo, kita bersinergi untuk pariwisata ini dan Bangka belitung harus membuat regulasi baru dalam mempertahankan tempat-tempat wisata yang telah ada dan ditata dengan indah, sehingga wisatawan terus mengunjungi negeri serumpun sebalai ini,” ungkapnya.

Pada rangkaian kegiatan rakerda tersebut dilakukan penandatangan kerja sama antara PHRI Babel dengan PHRI Sumsel untuk menyukseskan pergelaran akbar Asian Games di Palembang dan Jakarta.(Rfq/Ar)