Musim Kemarau, Awas Kebakaran Hutan

Tiga Hektar Lahan Gambut Di Desa Sungai Samak Terbakar

Oleh : Junianto Ade Sahputra

BADAU, LASPELA – Lahan seluas tiga hektar di Dusun Sungai Samak Desa Sungai Samak Kecamatan Badau habis terbakar Rabu (21/2/2018) kemarin. Beruntung peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan membakar rumah warga sekitar.

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB pagi dan baru bisa di padamkan hingga pukul 15.00 WIB sore. Dugaan sementara api tersebut muncul akibat puntung rokok yang dibuang pengendara.

“Lahan yang terbakar ada sekitar tiga hektar. Informasi dari masyarakat tidak ada aktivitas warga yang berkebun atau membakar di sekitar kawasan. Api baru bisa dipadamkan sampai jam 15.00 sore,” kata Kepala Desa (Kades) Sungai Samak Alex Saputra.

Beruntung Pemadam kebakaran, Babinsa, Babinkamtibmas bersama warga Sungai Samak gotong royong memadamkan api agar tak meluas.

“Alhamdulillah berkat kesigapan dari masyarakat dibantu Polsek Badau dan babinsa api tak sempat untuk menyambar rumah warga sekitar,” ucapnya.

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung Alkar menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan maupun melakukan aktifitas membakar apa lagi di tengah musim kemarau dan hempusan angin yang cukup kencang seperti saat ini.

Satpol PP melalui unit pemadam kebakaran sudah memantau lokasi yang setiap tahun sering terjadi kebakaran. Menurutnya kebakaran lebih banyak terjadi akibat puntung rokok. Ia juga menghimbau masyarakat berhati-hati jika membakar lahan untuk kebun. (Jun)