Egy Maulana Cetak Hattrick, Garuda Nusantara Pesta Gol ke Gawang Timor Leste

Penyerang Egy Maulana Vikri berusaha melewati hadangan pemain lawan pada laga kualifikasi piala Asia 2018. (Ist)

LAS PELA, SPORT-  Timnas Indonesia U-19 berhasil melanjutkan tren positif pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-19 dengan berpesta 5 gol ke gawang Timor Leste, di Stadion Paju, Korea Selatan, Kamis (2/11/2017) pagi WIB.

Timnas U-19 mendominasi paruh pertama laga. Meski begitu, Timor Leste mampu mengancam gawang Aqil Savik lewat serangan balik.

Indonesia kesulitan menembus pertahanan kokoh Timor Leste pada 15 menit pertama. Pada menit ke-22, gelandang Muhammad Luthfi melakukan percobaan jarak jauh. Namun, sepakan pemain asal Slipi itu masih melambung tipis di atas mistar lawan.

Sejumlah peluang dihasilkan timnas U-19. Namun, tidak banyak yang berarti. Timor Leste memiliki peluang bersih pada menit ke-36. Nyaris, sepakan salah satu pemainnya menyamping tipis di sisi kanan gawang Indonesia.

Dua menit berselang, Luthfi kembali mengancam. Lewat sepak bebas, percobaannya masih membentur mistar gawang lawan. Alhasil, skor tanpa gol yang menutup laga pada paruh pertama.

Indra Sjafri memasukkan Egy Maulana dan Saddil Ramdani sejak awal paruh kedua. Kedua pemain tersebut masing-masing menggantikan Resky Witriawan dan Witan Sulaeman. Keputusan terbukti efektif. Saddil memecah kebuntuan timnas U-19 pada menit ke-52.

Tendangan Saddil dari luar kotak penalti menghujam sisi kanan kiper Timor Leste, Fernando da Costa.

Kebobolan, Timor Leste mencoba lebih agresif menyerang. Dua menit berselang, gol yang dicetak tim asuhan Kim Shin-hwan tersebut dianulir lantaran salah satu pemainnya terperangkap offside.

Timnas U-19 justru menambah keunggulan pada menit ke-59 lewat Hanis Saghara dengan penempatan bola ke sudut kanan gawang lawan.

Selepas unggul dua gol, Egy Maulana mulai menghentak. Dia sukses mencetak hat-trick. Gol sang pemain masing-masing dicetak pada menit ke-84 lewat penyelesaian akhir apik jarak dekat.

Lalu pada menit ke-87 via skema tendangan bebas langsung, dan ditutup dengan menyelesaikan umpan manja Rifad Marasabessy pada menit tambahan pada akhir babak kedua.

Dengan kemenangan ini, timnas U-19 kokoh di puncak klasemen Grup F dengan enam poin dengan catatan 10 gol dan tanpa kebobolan. (Bolasport)

Editor: Stefan H. Lopis