Bandara HAS Hanandjoedin Belitung Mulai Layani Rute Internasional

Pesawat Sriwijaya Air (Ist)

BANDARA Internasional HAS Hanandjoedin, Belitung, mulai melayani penerbangan internasional perdana, Minggu (10/9). Adapun penerbangan perdana tersebut, dioperasikan oleh Sriwijaya Air dengan rute Kuala Lumpur-Tanjung Pandan.

Penerbangan tersebut dipesan oleh Dewan Perniagaan Malaysia Global (MGCC) yang membawa kurang lebih 200 investor yang tergabung dalam Malindo Business and Cultural Centre (MBCC) untuk bertemu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur dalam rangka pembahasan potensi investasi di daerah tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) Agus Santoso, menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi positif atas penerbangan perdana internasional carter tersebut. Pengelola bandara Hanandjoedin diharapkan segera melayani penerbangan internasional reguler.

“Ini suatu hal yang positif dan menjadi bukti bahwa sektor penerbangan bisa menjadi salah satu motor penggerak masuknya investasi ke suatu daerah. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan perekonomian daerah tersebut khususnya dan perekonomian nasional umumnya,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya.

Dia pernah mengancam, pihaknya akan mengembalikan status bandara tersebut ke domestik. Pasalnya, sejak resmi berstatus internasional pada Desember 2016 hingga awal September 2017, Bandara Hanandjoedin belum juga melayani penerbangan internasional.

Karenanya, Agus mengingatkan, seluruh stakeholder penerbangan dan pemerintah daerah agar senantiasa meningkatkan layanan masing-masing guna menjaga tren positif adanya penerbangan internasional carter.

Menurutnya, informasi akan pariwisata dan potensi bisnis di daerah itu juga perlu disebar lebih jauh oleh para pemangku kepentingan. (ril)

Editor: Stefan H. Lopis