Home / NEWS / Jamu Real Madrid, Blaugrana Wajib Menang 
Barisan penyerang Barcelona yang terdiri dari Lionel Messi, Luis Suarez, serta Neymar Jr (Trio MSN) (foto: AFP)

Jamu Real Madrid, Blaugrana Wajib Menang 

BARCELONA, LASPELA– Barcelona wajib menang saat menjamu musuh bebuyutan Real Madrid di Camp Nou pada laga El Clasico di ajang La Liga, Sabtu (3/12) malam WIB.

Kalah atau imbang bukan pilihan, karena hanya akan menyulitkan diri sendiri dalam mempertahankan gelar La Liga di musim sekarang.

Barca menang dua kali dari tiga El Clasico terakhir. Tapi kekalahan 1-2 di Camp Nou pada musim lalu, di permulaan era kepelatihan Zinedine Zidane di Real Madrid, memunculkan kecemasan tersendiri.

Faktanya, Los Blancos sangat kuat selama dibesut pelatih asal Prancis tersebut, sementara Barca sedang berjuang mengatasi kemalangannya. “Kami tampil kurang konsisten pada musim ini. Tapi saya tidak khawatir dengan hal itu,” ujar Enrique seperti dikutip AFP, Jumat (2/12/2016).

Sejak Zidane masuk pada pertengahan musim lalu, Real Madrid meniti performa terbaik hingga kemudian juara Liga Champions 2016. Sampai sekarang, mereka bahkan tidak pernah kalah dalam 31 pertandingan kompetitif di semua ajang, terhitung sejak dipermalukan Wolfsburg 0-2 di ajang Liga Champions, April 2016.

Ungguli Barca dan Sevilla

Tak pelak, Real Madrid pun menduduki posisi puncak di klasemen La Liga dengan nilai 33 dari 13 pertandingan yang juga belum kalah. Mereka unggul enam angka dari Barca dan Sevilla, dua pesaing terdekatnya. Sedangkan rival sekota Atletico Madrid berada di urutan empat dengan mengumpulkan 24 poin.

Zidane menyimpan hampir semua pemain kuncinya saat El Real menghajar Cultural Leonesa 6-1 dalam laga kedua babak 32 besar Copa del Rey, tengah pekan kemarin. Itu indikasi bahwa mereka siap tempur sepenuhnya di markas Barca.

“Kami hanya ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk pertandingan berikutnya di Camp Nou,” ujar Zidane seusai laga di Santiago Bernabeu tersebut, yang memberikan kesempatan debut kepada sang anak, Enzo Fernandez.

“Kami juga tidak melulu memikirkan konsekuensi dari El Clasico. Apa pun hasilnya, partai di Barcelona bukanlah penentuan juara.”

Komentar itu masuk akal untuk Real Madrid, tapi tidak akan diterima oleh Barca. Kalau Real yang menang, Barca akan semakin tertinggal. Kalau Barca yang menang, Real toh masih berada di puncak klasemen. “Mereka bisa kalah, tapi Barca hanya akan mematok target menang,” kata bek Gerard Pique, beberapa hari lalu.

Real Madrid dipastikan kehilangan tiga pemain andalan, yaitu Gareth Bale, Toni Kroos, dan Alvaro Morata. Namun Zidane berpeluang memainkan Casemiro yang dinyatakan sudah sembuh dari masalah retak tulang kering sejak pertengahan September lalu. Gelandang asal Brasil ini mungkin dipasangkan dengan Luka Modric dan Mateo Kovacic di sektor tengah.

Barcelona juga dihadapkan pada krisis di lini belakang. Kondisi Jordi Alba masih dalam pantauan, sedangkan Samuel Umtiti (hamstring) dan Jeremy Mathieu (hamstring) kemungkinan besar absen. Kabar baiknya, playmakerAndres Iniesta dilaporkan sudah pulih untuk mendukung trio mematikan Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar.

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3)
Ter Stegen; Roberto, Pique, Mascherano, Alba; Rakitic, Busquets, Denis Suarez; Messi, Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique

Real Madrid (4-3-3)

Navas; Carvajal, Pepe, Sergio Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kovacic; Vazquez, Benzema, Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

Tempat: Camp Nou, Barcelona
Waktu: Sabtu (3/12), Pkl 22.15 WIB

Sumber: harnas

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: