Home / BANGKA BELITUNG / Panwas Pilkada Basel Ajak LSM Kawal Pilkada Babel 2017 
Suasana berlangsungnya kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Babel tahun 2017 yang didakan di Wendy Cafe and Resto dihadiri berbagai LSM/Ormas dan OKP di Basel, Kamis (1/12/2016).

Panwas Pilkada Basel Ajak LSM Kawal Pilkada Babel 2017 

TOBOALI, LASPELA- Dalam rangka menciptakan suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang demokratis, bermartabat, transparan dan bebas dari kecurangan, Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Kab. Bangka Selatan (Basel) mengajak LSM/Ormas dan OKP di daerah tersebut untuk mengawal Pilkada Babel Basel.

Ajakan tersebut disampaikan Panwas Pilkada Kab. Basel melalui kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Babel tahun 2017 yang didakan di Wendy Cafe and Resto dihadiri berbagai LSM/Ormas dan OKP di Basel, Kamis (1/12/2016).

Zahirin, Ketua Panwas Pilkada Basel dalam sambutannya berharap agar LSM/Ormas dan OKP yang ada di Basel dapat berperan dalam mengawal Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Babel 2017 agar dapat berjalan dengan semestinya.

“Saya berharap agar LSM/Ormas dan OKP yang ada di Basel untuk dapat berperan dalam mengawal Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Babel 2017 agar berjalan dengan semestinya,” ujar Zahirin.

Tugas Bersama

Sementara Bagong Susanto, bagian Devisi SDM Bawaslu Prov. Babel selaku pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, LSM/Ormas dan OKP merupakan ujung tombak untuk mensukseskan pilkada agar dapat berjalan dengan baik.

Menurutnya, tugas mensukseskan Pilkada bukan hanya peran Panwas dan KPU saja melainkan peran seluruh komponen bangsa salah satunya LSM/Ormas dan OKP.

“LSM/Ormas dan OKP merupakan ujung tombak untuk mensukseskan pilkada agar dapat berjalan dengan baik karena tugas mensukseskan Pilkada bukan hanya peran Panwas dan KPU saja melainkan peran seluruh komponen bangsa salah satunya LSM/Ormas dan OKP,” imbuhnya.

Menyikapi kemungkinan terjadinya pelanggaran pilkada dengan berbagai modus baik yang dilakukan oleh Paslon beserta timsesnya, masyarakat, maupun oknum-oknum Panwas dan KPU, dirinya mengatakan akan menindak tegas sesuai dengan ketentuan Pilkada.

Oleh karena itu, dia berharap agar setiap ada unsur pelanggaran pilkada harap dilaporkan langsung ke Panwas bersama barang bukti dan saksi agar laporannya dapat diproses.

Selain melakukan sosialisasi dengan LSM/Ormas dan OKP di Basel, Panwas Pilkada Basel juga akan melakukan sosialisasi ke Pengurus-pengurus masjid yang ada di Kab. Basel dan dan masyarakat Basel melalui kecamatan-kecamatan agar seluruh komponen yang ada di Basel dapat melakukan pengawasan secara bersama-sama.

Penulis: Wiwin Suseno
Editor  : Stefan H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: