Home / ADVERTORIAL / APKASI  Gelar Workshop Tingkatkan Mutu Pendidikan

APKASI  Gelar Workshop Tingkatkan Mutu Pendidikan

KOBA, LASPELA- GUNA meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan kompetensi guru di daerahnya, Pemda Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar workshop bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adihulung Nusantara (YPAN).

Workshop yang di gelar di Gedung Serba Guna (GSG) Selawang Segantang dengan tema “Smart Teaching” tersebut berlangsung selama dua hari, mulai Rabu (16/11/2016) untuk semua guru SD se-Bangka Tengah dan Kamis (17/11/2016). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt. Bupati Bangka Tengah, H. Ibnu Saleh.

Ibnu Saleh dalam sambutannya mengatakan, guru adalah profesi yang mulia dan jasanya tiada tara. Dia berharap, momentum workshop bagi para tenaga pendidik ini ke depan menjadikan para guru lebih berkualitas agar prestasi anak didik di Kabupaten Bangka Tengah dapat lebih baik lagi dan tidak kalah bersaing dengan Kabupaten/Kota lainnya di Babel.

“Mengajar pada dasarnya merupakan suatu usaha menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan memungkinkan berlangsungnya proses belajar yang melahirkan generasi penerus bangsa berkualitas. Jika belajar dikatakan milik siswa, maka mengajar sebagai kegiatan guru,” beber Ibnu.

Ibnu Saleh menyampaikan, mengajar juga merupakan kegiatan penyampaian pengetahuan pada anak didik. “Sebagai konsekuensi pengertian semacam ini dapat membuat suatu kecendrungan anak menjadi pasif, karena hanya menerima informasi atau pengetahuan yang diberikan oleh gurunya, sehingga pengajarannya bersifat teacher centered. Jadi, pola ini gurulah yang memegang kunci dalam proses belajar mengajar di kelas,” ujarnya.

Dia lantas meminta para guru di Bateng agar menjadi pendidik yang sabar dan peka terhadap peserta didik. Karena mengajar merupakan suatu usaha mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan bahan pengajaran yang menimbulkan proses belajar mengajar menjadi aktifitas yang menyenangkan. “Ini adalah pemahaman mengajar yang sesungguhnya,”katanya.

Ibnu mengingatkan para guru agar sungguh berperan mengatur kegiatan belajar siswa, memanfaatkan lingkungan baik yang ada di kelas maupun di luar kelas dengan memberikan stimulus serta bimbingan pengarahan yang mendorong siswa untuk aktif.

“Melalui kegiatan ini diharapkan anak didik di Bangka Tengah dapat lebih berprestasi, berahlak mulia, berwawasaan luar dan inovatif, pada akhirnya mampu bersaing dengan siswa-siswi dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” harapnya (adv)

Penulis: Herdian

6                  5

hms_0659 hms_0700 1 3

Foto-foto berlangsungnya kegiatan workshop, Rabu-Kamis (16-17/11/2016)

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: