Home / NASIONAL / Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas di Sekolah

Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas di Sekolah

Keselamatan Berlalu Lintas di Kurikulum Pemerintah 

JAKARTA, LASPELA– Minimnya penanaman edukasi keselamatan berkendara membuat angka kecelakaan terus meningkat. Melihat kondisi tersebut, menyambut Hari Ulang Tahun Lalu Lintas ke-61, Ditlantas Polda Metro Jaya menggandeng beberapa mitra, yakni Glestra dan Skolastika mengelar seminar pendidikan dengan tajuk “Keselamatan Berlalu Lintas di Kurikulum Pemerintah”, Rabu (24/8/2016) kemarin.

Melalui seminar yang juga melibatkan pakar pendidikan ini diharapkan bisa membawa edukasi masuk ke ranah pendidikan di sekolah-sekolah sehingga bisa membentuk pribadi bertanggung jawab yang dimulai sejak dini.

“Salah satu penyebab kemacetan dan kecelakaan di lalu lintas disebabkan prilaku pengguna jalan yang kurang disiplin. Melalui kegiatan ini dalam menyambut HUT Lalu Lintas, kami mau memulai pendidikan mengenai keselamatan berjalan raya sejak dini, yakni melalui edukasi ke sekolah-sekolah,” ucap Kombes Pol. Syamsul Bahri, Direktur Lalulintas Ditlantas Polda Metro Jaya di Jakarta, Rabu 24 Agustus

Menurutnya, masalah edukasi atau memasukan kurikulum pendidikan berlalu lintas sudah dilakukan sejak dari dulu. Namun dengan adanya pergantian kepemerintahan selalu membuat hal tersebut tertunda dan tidak berjalan sampai saat ini.

“MOU kami sudah pernah buat, tapi karena adanya pergantian kepemerintahan hal ini sampai sekarang masih menjadi wacana. Mudah-mudahan dengan acara ini kami bisa kembalikan hal-hal positif yang sudah lama direncanakan,” kata Syamsul.

Pembentukan karkater yang disiplin tidak bisa dilakukan satu pihak. Syamsul menjelaskan, harus ada campur tangan semua pihak, mulai dari keluarga, lingkungan pendidikan dan berbagai elemen di masyarakat. Anak kecil harus dibekali dengan edukasi lalu lintas, etika, serta tanggung jawab agar bisa memerangi dan meminimalkan angka kecelakaan.

Sumber: Otomania.com 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: