Home / BANGKA BELITUNG / Selama 2016, Rp 2 Triliun Dana APBN Mengucur Ke Babel
Gubernur Babel, Rustam Effendi

Selama 2016, Rp 2 Triliun Dana APBN Mengucur Ke Babel

PANGKALPINANG, LASPELA – Perhatian pemerintah pusat untuk membangun Provinsi Bangka Belitung (Babel) dirasakan Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi sangat besar, untuk tahun anggaran 2016 saja, dana yang dikucurkan pemerintah pusat ke Babel mencapai Rp 2 Triliun. Dana tersebut menurunya tidak mengalir begitu saja, namum melalui lobi politik dan hubungan emosional dengan titik pusat kekusasan yang sudah dibangun selama ini.

Dengan dana sebesar ini, Rustam berharap pembangunan di Babel semakin pesat, mengingat anggaran dari Pemerintah pusat tersebut sangat membantu dalam kemajuan pembangunan Babel ke depan sehingga proses pembangunan di Babel lebih cepat dan tepat.

“Bukan hanya itu saja,   APBN yang ditransfer ke pemerintah kabupaten sebesar Rp 6,8 triliur terdiri dari DAU (Dana Alokasi Umum), DAK (Dana Alokasi Khusus), DBH (Dana Bagi Hasil) dan DID (Dana Insetif Daerah). Jadi sangat besar dana pusat yang mengalir ke negeri ini,” kata Gubernur, Selasa (2/8/2016)).

Dana tersebut  terang Gubernur, belum lagi termasuk bantuan terhadap sejumlah program pusat yang akan dicanangkan di Babel seperti KEK (Kawasan Ekonomi Kreatif), pusat wisata, serta pembangunan jembatan Batu Rusa II yang hampir selesai, hal ini juga merupakan bentuk kemajuan Babel dari segi pembangunan yang diharapkan menjadi kesejahteraan masyarakat.

“Tidak ada dana sebesar itu turun ke Babel jika tidak ada kedekatan khusus dan lobi politik yang saya lakukan ke pemerintahan pusat, belum lagi pembahasan terkait pembangunan jembatan Bangka Palembang yang sudah dibicarakan dengan presiden,” ujarnnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk meresmikaan pembangunan RSUD Depati Hamzah Pangkal pinang, Presiden Jokowidodo rencananya akan datang lagi ke Babel sekitar  bulan September mendatang. Dengan demikian masyarakat diminta untuk terus mendukung program pemerintah  agar dapat berjalan dengan lancar.

“Saya juga berharap agar tidak mendengarkan isu-isu yang beredar terkait tidak majunya Babel, rasakan sendiri dan lihat sendiri fakta dilapangan terkait pembangunan infrastruktur di Babel,” pungkas Gubernur. (naf)

About Yudhie Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: