HIPMI Goes to School, Program Cetak Pengusaha Pemula

PANGKALANBARU, LASPELA – Untuk mendorong semangat berwirausaha sejak usia sekolah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Badan Pengurus Cabang (BPC) Kabupaten Bangka Tengah pada Selasa 22 Februari 2018 melakukan kegiatan HIPMI Goes To School di SMAN 1 Pangkalan Baru.

Kegiatan yang diberi judul “Peluang Usaha Bagi Pengusaha Pemula Bateng” tidak hanya diikuti oleh SMAN 1, namun juga oleh SMK dan MA yang ada diwilayah Kecamatan Pangkalan Baru. tujuan dilaksanakannya Program tersebut adalah untuk menanamkan mindset berwirausaha kepada para pelajar di Kabupaten Bangka Tengah.

ketua Umum BPC Bangka Tengah Wipri Rachmad dalam sambutannya mengatakan HIPMI kedepan akan melakukan pelatihan kepada anak-anak di sekolah untuk memulai menjadi wirausaha, disamping itu juga akan diajarkan teknik-teknik pemasaran yang baik dan cermat. Kegiatan ini akan diadakan tidak hanya di SMAN 1 Pangkalan Baru namun seluruh SMA/SMK dan sederajat yang ada di wilayah Kab Bangka Tengah.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Raden Indra Sandy yang juga sebagai salah satu Narasumber mengatakan Hipmi Goes to School merupakan bentuk komitmen HIPMI untuk melahirkan pengusaha-pengusaha muda/pemula sejak dini. Sehingga sekolah menjadi sasran program tersebut.

lebih lanjut Sandy mengatakan Hipmi Goes to School adalah sebagai wujud komitmen Hipmi sebagai organisasi kaderisasi pengusaha muda dan kepemimpinan di masa mendatang.

“Kita bergerak sejak sekarang dan kita akan memetik hasilnya di masa yang akan datang, kuncinya harus Focus, konsisten, terus mencari peluang dan sabar,” ujarnya.

Useng Komara S. P. MSi Asisten III Bid. Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah yang juga menjadi salah satu Narasumber mewakili Bupati Bangka Tengah yang berhalangan hadir menyampaikan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi Seminar yang dilakukan oleh HIPMI Hal ini berguna untuk mengubah cara berpikir siswa. Di mana setelah mereka lulus dari sekolah, tidak terpaku hanya untuk bekerja sebagai karyawan di perusahan, atau menjadi PNS saja melainkan berani untuk membuka usaha sehingga bisa menciptakan lapangan kerja.

” kedepan Pemerintah siap menjadi mitra HIPMI untuk melatih pengusaha pengusaha pemula yang ada di Bangka Tengah, dia meminta kegiatan seperti ini harus lebih rutin dilaksanakan agar semakin banyak siswa siswa yang mempunyai keinginan untuk menjadi pengusaha yang kreatif, inovatif dan konsisten,” terangnya.

Sementara, Nuraini Siburian, S.Si. sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Pangkalan Baru mengungkapkan program pembekalan wirausaha bagi anak sekolah sangat penting, dimana sejak sekolah para murid bisa diajarkan untuk mempunyai jiwa sebagai enterpreuner yang mempunyai sikap kreatif dalam berinovasi dan mempunyai keberanian untuk maju.

selain itu beliau juga menginginkan kedepan HIPMI tidak hanya datang sekali saat seminar ini saja tetapi secara berkala untuk memberikan pelatihan secara berkala, perkembangan teknologi informasi harus dimanfaatkan dengan baik untuk sarana promosi, salah satunya pemasaran lewat online.(*/rill)