Pelantikan 159 PPS di Basel Digelar di Pesisir Pantai, Diisi Bersih-bersih Pantai hingga Tanam 61 Batang Pohon

Komisioner KPU Basel bersama 159 PPS Bersih-bersih pantai Kelisut dan Tanam 61 Pohon Keras, Minggu (26/5/2024)

BANGKA SELATAN, LASPELA – Pelantikan 159 anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk mensukseskan Pilkada di Bangka Selatan kali ini berjalan unik dan berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Pada pelantikan 159 PPS menjelang Pilkada 27 November mendatang dilakukan di pesisir Pantai Kelisut, Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung, Minggu (26/5/2024) pagi.

Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin mengatakan konsep pelantikan outdoor atau di luar ruangan ini dilakukan guna memberikan nuansa baru.

Nuansa yang bisa memberikan semangat dan motivasi bagi 159 PPS dalam mengemban tugas mensukseskan Pilkada Bangka Selatan nantinya.

“Jadi selama beberapa kali pelantikan anggota PPS kita selalu melakukan di dalam ruangan atau indoor, namun dalam kesempatan ini pelantikan PPS kita lakukan di Pantai Kelisut, konsepnya agar ada semangat dan motivasi baru sebagai pemicu anggota PPS dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” ungkap Muhidin.

Tak hanya itu, kata Muhidin 159 PPS juga melakukan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon keras di pesisir pantai Kelisut karena sesuai jargon Pilkada serentak 2024 yakni “Bakti Kami untuk Negeri, Bersih Pantaiku, Indah Demokrasiku”.

“Kami juga melakukan penanaman pohon hortikultura di pantai Kelisut mengingat selama pelaksanaan Pemilu penggunaan kertas yang sumber bahan bakunya dari kulit pohon sangat banyak, maka dengan kegiatan penanaman pohon ini kami mendukung dan membantu pemulihan ekosistem alam dengan menanam pohon,” ucapnya.

Ia menyebutkan, pohon yang ditanam jenis pohon keras atau pohon jambu yang dibawa dari setiap perwakilan desa, kelurahan dan Kecamatan.

“Jadi tadi perwakilan dari 50 desa di Bangka Selatan bawa 50 batang pohon, 3 kelurahan 3 batang pohon dan 8 kecamatan juga 8 batang pohon yang ditanam di pantai Kelisut jadi jumlah keseluruhan pohon yang ditanam sebanyak 61 batang,” ujarnya.

Jadi setiap wilayah atau daerah di Bangka Selatan diminta untuk membawa pohon keras, seperti jambu, durian dan alpukat masing-masing untuk ditanam di pesisir pantai Kelisut guna pemulihan ekosistem alam.

“Jenis tanaman yang dibawa dan ditanam anggota PPS jenis tanam keras, misalnya, durian, jambu, alpukat dan sejenis lainnya,” pungkasnya. (Pra)