Bazar Murah, Cabai Merah Keriting Dijual Rp90 Ribu per Kilogram

SUNGAILIAT, LASPELA — Dinas Pangan dan Pertanian (Dinpanpertan) Kabupaten Bangka menggelar bazar cabai merah keriting dengan harga murah, Rabu (29/11/2023).

Harga cabai merah ini dijual dengan harga Rp90 ribu per kilogram atau lebih rendah dibanding dengan harga di pasar tradisional yang mencapai Rp105 ribu per kilogram.

Kadispanpertan Bangka, Syarli Nopriansyah mengatakan, bazar murah ini sebagai cara untuk menekan angka inflasi sekaligus membantu pemenuhan kebutuhan cabai di masyarakat.

Pihaknya mengaku sengaja memasok cabai merah kerinting langsung dari hasil panen petani dan dijual kembali kemasyarakat. Hal ini untuk memutus rantai perdagangan sehingga harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dibanding harga rata-rata di pasar tradisional.

“Bazar cabai dijadwalkan mulai dari kemarin Selasa sampai Jumat nanti. Cabai-cabai ini dipasok langsung dari hasil panen petani di Kecamatan Bakam dan Belinyu,” katanya, Rabu (29/11/2023).

Sesuai ketersediaan cabai hasil panen petani, saat ini hanya satu jenis cabai yang dijual di bazar cabai Dinpanpertan Bangka. Meskipun demikian minat masyarakat cukup tinggi membeli cabai.

Terdata hari pertama bazar cabai berhasil menyiapkan 80 kilogram cabai dari Kecamatan Bakam dan hari ini sebanyak 60 kilogram disiapkan dari pasokan petani Kecamatan Belinyu. (mah)