Gunakan Jerigen, Dika Berjuang Selamatkan Diri

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Dika, korban selamat laka laut di Pantai Pesona Sungailiat berenang sejauh 1 mil menggunakan jerigen sebelum akhirnya diselamatkan oleh KM Nurki pada pukul 03.00 WIB.

Dika bersama rekannya Hasan terpaksa meloncat ke laut lantaran perahunya tertabrak oleh Kapal Tongkang dari arah Pangkal Balam saat mencari cumi di perairan itu.

“Dika berhasil selamat dari peristiwa tersebut, namun rekannya Hasan tidak bisa diselamatkan oleh Dika dikarenakan gelombang yang besar,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, I Made Oka.

Setelah diselamatkan oleh Nahkoda KM Nurki, Ambon kemudian korban (Dika) langsung dibawa menuju Pos Sandar Polairud.

I Made sendiri mengaku mendapatkan informasi tersebut pada Selasa (8/8/2023) pukul 10.05 WIB dari Rudin yang merupakan nelayan setempat.

Mendapatkan informasi tersebut, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan 1 Tim Rescue menuju lokasi diketahui terakhir (Last Known Position) dan melakukan pencarian pada koordinat 1°50.467’S 106°12.841’E.

“Upaya pencarian menggunakan metode penyisiran di atas permukaan air sejauh 5 mil dari Teluk Uber ke arah Timur dengan menggunakan Rubber Boat,” ujarnya.

Pencarian ini, kata dia, akan dilakukan selama 7 hari ke depan sesuai SOP dari Basarnas atau bisa saja dihentikan apabila korban cepat ditemukan.

“Apabila korban tidak ditemukan dalam kurun 7 hari maka dilanjutkan pemantauan dan apabila ada tanda – tanda keberadaan korban maka Operasi SAR dapat dibuka kembali,” tandasnya. (mah)