75 Tahun Hari Listrik Nasional, PLN Modifikasi Vespa Listrik

BANGKA, LASPELA – Terobosan baru dilakukan PT PLN Bangka Belitung dalam peringatan 75 tahun Hari Listrik Nasional yang jatuh pada Selasa (27/10/2020) besok.

Bersama seorang pria, Yanuar sebagai salah satu anggota tim innovator, PLN UP3 Bangka berhasil memodifikasi satu unit vespa menjadi kendaraan bertenaga listrik. Sudah berminggu-minggu waktu yang dilewati tim inisiator bersama Yanuar. Hasilnya, proyek tersebut berjalan mulus.

Vespa klasik keluaran tahun 1982 yang mulanya berbahan bakar bensin “Disulap” menjadi listrik sebagai penggeraknya. Keberhasilan modifikasi tersebut disambut baik oleh jajaran manajemen PLN UIW Bangka Belitung (Babel). General Manager PLN UW Babel, Abdul Mukhlis pun langsung mencoba kenyamanan vespa hasil modifikasi tersebut.

“Vespa listrik ini rasanya nyaman dan ringan ya. Selain itu mampu melaju hingga kecepatan 70km/jam dan menempuh jarak hingga 90 km untuk satu kali pengisian baterai,” jelas Abdul Mukhlis.

Untuk mengisi baterai vespa listrik ini hingga penuh, dibutuhkan waktu pengisian selama empat jam, yang mana energi yang dibutuhkan hanya 1 kWh atau setara dengan Rp. 1.444,70/kWh. Artinya untuk menempuh jarak kurang lebih 90 Km, hanya dibutuhkan biaya sebesar Rp. 1.444,70/kWh. Sangat irit dibanding vespa biasa.

“Vespa hasil modifikasi teman-teman PLN ini juga sudah diuji dengan melintasi jalan menanjak di perbukitan menumbing, Bangka Barat, hasilnya vespa ini sanggup melaju dengan stabil,” imbuh Mukhlis.

Pengoperasian vespa ini terbilang mudah. Cukup nyalakan MCB start yang ada di bawah jok, kemudian nyalakan kunci kontak, vespa pun langsung dapat melaju tanpa adanya suara.

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan custom modifikasi vespa listrik ini dapat menghubungi kantor layanan terdekat.

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: