Bank Sumselbabel Toboali Dorong Peningkatan Inklusi Keuangan Melalui Program Simpel di SMKN 1 Tukak Sadai

Oleh: Nopranda Putra


TOBOALI, LASPELA – Sesuai dengan amanat dari negara masih banyak masyarakat Indonesia ini yang belum terakses dengan perbankan, dan selama ini sifatnya eksklusif dimana masyarakat yang membutuhkan datang ke Bank.

Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan inklusi keuangan kepada masyarakat melalui lembaga keuangan diantaranya Bank Sumselbabel

Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Toboali, Ruben Paradisa mengatakan, untuk mengejar akses perbankan agar lebih banyak menjangkau masyarakat, pihak dari otoritas jasa keuangan (OJK) bekerjasama dengan lembaga keuangan turun kelapangan menjangkau masyarakat terutama dari kalangan pelajar.

“Untuk meningkatkan inklusi keuangan, kita berupaya menjangkau masyarakat terutama dari kalangan pelajar yang menurut kita lebih cepat menerima untuk suatu pengetahuan tentang pebankan. Bentuk inklusi sasarannya lebih kepada menabung, dan prioritas dari pada inklusi ini adalah pelajar,” kata Ruben usai memberikan sosialisasi kepada Siswa di SMKN 1 Tukak Sadai, Rabu (30/9).

Ia menjelaskan, jenis tabungan ini ada dua yaitu Simpel (simpanan pelajar) yang merupakan produk dari (OJK), dan satu tabungan persirah junior dari produk Bank Sumsel sendiri yang sasarannya sama-sama pelajar.

“Untuk di Bangka Selatan ini kita sudah berjalan di 30 sekolah. Untuk tahun ini kebetulan dari pihak OJK sendiri meminta lembaga keuangan salah satunya Bank Sumsel Babel, dan cabang Toboali memilih SMK 1 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan,” ujar dia.

Sedangkan target pada program kali ini ditargetkan 200 penabung atau 200 pelajar. Namun selama ini yang sudah ada di Bank Sumsel Babel untuk tabungan Simpel berjumlah 3003 nasabah dengan dana kurang lebih hampir Rp 400 juta, sedangkan untuk tabungan Pesirah Junior ada 333 nasabah dengan jumlah dana hampir Rp 850 juta.

Sementara itu, Asisten II Setda Bangka Selatan, Budi Setyo mengatakan, inklusi keuangan itu bagaimana menjemput keuangan masyarakat dari perbankan yang datang ke masyarakat yang merupakan potensi yang luar biasa dari murid-murid di sekolah yang selama ini belum maksimal jika dilihat dari jumlah murid di Bangka Selatan.

“Jadi hari ini Bank Sumsel Babel cabang Toboali memberikan modal awal atau membukakan rekening awal sebesar Rp 25.000 untuk murid mendapatkan tabungan. Filosofinya adalah menangkap keuangan, karena anak murid ini jarang mengambil uang, kebanyakan mereka ini menabung, sehingga secara tidak langsung mereka memdukung pembangunan di Bangkq Selatan,” terangnya. (Pra)