Home / BANGKA BELITUNG / Jumlah Jamaah Haji Tahap I, 108 Jamaah

Jumlah Jamaah Haji Tahap I, 108 Jamaah

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA– Jumlah peserta haji Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tahun 2020 sampai dengan tahap I sebanyak 108 peserta.
Dengan jumlah ini terjadi penurunan sebanyak 78 peserta dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu berjumlah 186 peserta.

Pelaksana Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kanwil Bateng, Vilyana mengatakan bahwa jumlah peserta haji tahun 2020 mengalami penurunan karena jumlah pendaftar peserta haji di tahun 2020 sampai dengan tahap I hanya berjumlah 108 orang.

“Pendaftar haji di Bateng di tahun 2020 pada tahap I hanya 108 pendaftar, jadi jumlah peserta haji berkurang bukan karena pengurangan kuota dari pusat, namun memang pendaftarnya yang kurang,” kata Vilyana, Senin (27/1/2020).

Vilyana menambahkan bahwa dari total 108 peserta, terdapat tiga orang meninggal, empat orang yang menunda, dan tiga orang yang mengajukan mutasi untuk berangkat melalui daerah lain.

Dia menjelaskan bahwa peserta yang akan menggantikan peserta yang telah meninggal berdasarkan sistem pengurutan peserta haji yang terdata urutannya secara nasional.

“Pengganti peserta yang telah meninggal ini bukan berdasarkan kemauan atau pilihan kita, tetapi sesuai sistem urutan atau antrian yang terpusat secara nasional,” ujar Vilyana.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa proses yang dilakukan pada tahap I adalah pengumpulan data, pertemuan awal, dan pengurusan paspor, dan ia mengatakan bahwa kemungkinan terjadi penambahan jumlah peserta haji pada tahap II dan III.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: