Home / BANGKA BELITUNG / JPPR Babel Minta Parpol Dukung Calon Yang Mempunyai Gagasan Membangun Daerah

JPPR Babel Minta Parpol Dukung Calon Yang Mempunyai Gagasan Membangun Daerah

PANGKALPINANG, LASPELA– Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Bangka Belitung meminta Partai Politik yang akan mendukung calon kepala daerah yang akan bertarung di kontestasi Pilkada tahun 2020 mensyaratkan calon harus mempunyai program dan gagasan membangun daerah.

Hal ini kata Sabpri Aryanto selaku koordinator JPPR Babel sangat penting, mengingat partai politik menjadi satu-satunya lembaga yang mempunyai hak istimewa untuk melakukan proses rekrutmen dimulai dari proses penjaringan, seleksi, pencalonan dan pendaftaran calon kepala daerah.

” Harus disyaratkan demikian, sehingga calon kepala daerah nantinya bisa benar-benar membangun daerah dengan program kesejahteraan rakyat yang jelas,” ujarnya.

Menurut Sabpri, Partai Politik mempunyai kekuatan untuk menjaring calon yang benar-benar bekerja untuk rakyat karena kekuatan partai politik sangat luar biasa dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah.

Setelah proses itu dilalui lanjut dia, masyarakat pun yang mempunyai kedaulatan dapat menentukan kandidat yang diunggulkan.

” Sudah saatnya paradigma Parpol diubah. Parpol bukan lagi menjadi ajang kontestasi kapasitas dan kapabilitas, tetapi lebih pada ajang pertarungan modal yang sudah seharusnya menghadirkan gagasan politik pembangunan dalam membentuk karangka pemikiran yang akan membawa perubahan terhadap suatu daerah kedepannya,” pintanya.

Untuk Babel sendiri di tahun 2020 akan ada pemilihan Bupati di 4 Kabupaten yakni Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung Timur.

Dari 4 Pilbup ini kata Sabpri saat ini sudah ada beberapa bakal calon yang mulai menunjukkan diri kepermukaan untuk saling beradu strategi mengangkat elektabilitas dan popularitas agar diusung oleh partai politik.

“Semoga di pilkada 2020 kali ini dapat melahirkan pemimpin yang benar-benar diharapkan oleh partai politik dan masyarakat untuk membangun masing-masing daerah. Karena pemimpin itu amanah yang sangat berat dititipkan untuk melakukan segala macam Perubahan untuk suatu daerah. Calon kepala daerah terbaik tentu saja hanya akan muncul jika dilakukan proses penjaringan yang sungguh dan profesional, terutama oleh partai politik sebagai mesin produksi pemimpin politik,” pungkasnya.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: