Home / BANGKA BELITUNG / Sahabat JCA Gelarkan Ahad Literasi ‘Boleh 1 Hari Tidak Main Handphone, Boleh 1 Hari Tidak Main Game, Tapi Tidak Boleh 1 Hari Tidak Membaca’

Sahabat JCA Gelarkan Ahad Literasi ‘Boleh 1 Hari Tidak Main Handphone, Boleh 1 Hari Tidak Main Game, Tapi Tidak Boleh 1 Hari Tidak Membaca’

Oleh: Nopranda Putra

SIMPANGRIMBA, LASPELA – Pada pekan ke 2, program Sahabat JCA (Juanda Central Anugrah) mengadakan program Ahad Literasi yang dilaksanakan di Desa Simpang Rimba, Minggu (15/12/2019).

“Hari ini merupakan pekan kedua program Literasi Sahabat JCA hadir di Desa simpang rimba Kecamatan simpang rimba Kabupaten Bangka selatan tepatnya di halaman lapangan upacara kantor camat simpang rimba,” kata Juanda.

Ia menjelaskan, JCA Ahad Literasi yakni gerakan yang bertujuan mengkampanyekan peningkatan budaya membaca buku dan untuk mewujudkannya Sahabat JCA turun langsung ke lapangan dan Insya Allah Program ini akan dilaksanakan setiap hari Ahad pagi Pukul 06.00 Wib s/d selesai.

“Gerakan ini memiliki Motto “Boleh 1 Hari Tidak Main Handphone, Boleh 1 Hari Tidak Main Game, Tapi Tidak Boleh 1 Hari Tidak Membaca artinya jika anak-anak megang handphone untuk main game yang dikejar adalah poin-poin atau level, untuk itu dengan ikut membaca kami berikan doorprise agar minat membaca anak-anak menjadi meningkat. ,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, hadirnya program Literasi ini ingin membangun semangat membaca diusia dini, ia menilai saat ini minat membaca anak-anak telah berangsur menurun, salah satunya faktor handphone yakni dengan main game.

“Kami Sahabat JCA berusaha bagaimana caranya agar minat membaca anak-anak meningkat, yaitu dengan cara kami terjun langsung kelapangan mengajak anak-anak untuk membaca, selain itu diakhir kegiatan Literasi kami berikan doorprise untuk anak-anak yang ikut membaca agar anak-anak semangat dalam membaca,” ungkapnya.

Selain mengadakan program JCA Ahad Literasi Sahabat JCA juga memiliki program JCA Jumat sedekah, JCA Sabtu Berbagi Pakaian dan JCA Senin Kamis bertilawah.

“Dan kami juga Sahabat JCA menerima sumbangan buku untuk menambah pembendaharaan program Literasi agar semangat baca semakin meningkat menjadikan generasi yang cerdas dan berpengetahuan,” imbuhnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih banyak kepada para Sahabat yang sudah ikut membantu dan berpartisipasi sehingga hadirnya program-program Sahabat JCA yang inovatif dan kreatif sehingga berguna dan bermanfaat bagi banyak orang. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish