Home / BANGKA BELITUNG / Cegah DBD, Dinkes Basel Ajak Masyarakat Lakukan Gerakan PSN

Cegah DBD, Dinkes Basel Ajak Masyarakat Lakukan Gerakan PSN

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan, Supriyadi menuturkan bahwa pihaknya sudah mengimbau puskesmas untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat diwilahnya agar mewasdai DBD selama pergantian musim kemarau ke musim penghujan seperti ini.

“Kami membuat surat edaran ke Puskesmas se Bangka Selatan untuk melakukan gerakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) bersama warga yakni dengan bersih-bersih lingkungan secara bersama-sama,” kata Supriyadi, Rabu (13/11).

Ia mengungkapkan seandainya terjadi demam berdarah di suatu wilayah, fogging bukanlah suatu hal yang harus segera dilakukan dalam memberantas jentik nyamuk DBD.

Karena menurut dia, sebelum melakukan aksi pengasapan atau fogging untuk membasmi jentik nyamuk DBD pihaknya akan melakukan penyelidikan epidomologi terlebih dahulu oleh tim dari puskesmas.

“Penyelidikan epidomologi sebelum fogging ini dilakukan untuk memastikan bahwa apakah benar ada jentik ataupun sarang nyamuk di lingkungan tempat tinggal penderita, jika ada barulah tim dari puskesmas mengambil tindakan untuk foging,” ungkapnya. (Pra)

About nputralaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish