Home / BANGKA BELITUNG / Bukit Peramun Raih Penghargaan ISTA, Isyak Inginkan Pengelola Berikan Inspirasi Kepada Komunitas Lain

Bukit Peramun Raih Penghargaan ISTA, Isyak Inginkan Pengelola Berikan Inspirasi Kepada Komunitas Lain

Oleh: Andini Dwi Hasanah

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Pengelola Bukit Peramun HKm Arsel Community berhasil memperoleh penghargaan green gold Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA).

Kelompok masyarakat yang mengelola bukit yang berada di Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk ini menyabet penghargaan kategori pelestarian lingkungan.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, Bukit Peramun memang destinasi wisata yang keren sejak lahir, dikelola, dan dibesarkan oleh komunitas.

“Campur tangan pemerintah sedikit sekali, kami hanya merangsang mereka untuk terus tumbuh, dan hasilnya mereka sangat luar biasa, kita pemerintah daerah sangat mengapresiasi ini” ujar Isyak, Senin (30/09/2019).

Pengelola Bukit Peramun harus memberikan edukasi dan inspirasi kepada komunitas lain yang membangun kepariwisataan. Buktinya, anggota HKm Arsel Community terus berinovasi dan bekerja keras, hingga meninggalkan pekerjaan utama untuk menghasilkan sesuatu yang kini hasilnya tinggal dipetik.

Kata Isyak, ketika memperoleh ISTA artinya akan ada investor yang masuk. Sehingga bisa dilakukan kolaborasi yang membuat destinasi tumbuh besar seperti membangun villa dan melengkapi fasilitas lainnya.

“Jadi yang lain harus melihat, ada sebuah faktor yang berbeda dari mereka. Mereka disediakan alam yang dirintis, karena dibalik bukit baru terlihat keindahan alamnya. Bayangkan mereka harus menaikkan mobil berapa jauh, merintis naik ke bukit, tingkat kesulitan jauh lebih besar,” tuturnya.

Selanjutnya Ia menginginkan pengelola Bukit Peramun pun akan menjadi mentor terkait semangat juga manajemen, bagaimana bertahan selama ini diabaikan dan belum menghasilkan uang. Juga manajemen karena sangat visioner terhadap perkembangan digital. (din)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish