Gubernur Dukung PLN Babel Wujudkan Mandiri Energi, Green dan Murah

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman beserta dengan jajarannya mendukung terwujudnya ketahanan energi yang mandiri, green dan murah.

Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja semester dua PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung yang mana dihadiri oleh seluruh jajaran manajemen PLN, yang berlangsung di Hotel Soll Marina, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (26/8/2019). Dengan mengusung tema “Menuju PLN Terbaik: Satu, Maju, Andal”.

Pada kesempatan tersebut, Erzaldi memberi apresiasi atas pencapaian yang telah dilakukan oleh PLN Babel sejauh ini.

“PLN Babel sudah bukan lagi melangkah tapi melompat maju ke depan sehingga kami pemerintah daerah tidak malu ketika akan mempromosikan investasi di Babel,” kata Erzaldi.

Ia menyampaikan, pihaknya mengungkapkan bahwa apabila ada investor yang hendak berinvestasi di Bangka Belitung maka yang pertama kali ditanyakan adalah kesiapan pasokan listriknya.

“Maka itu, beberapa kebijakan pemprov untuk mendukung kebijakan tersebut antara lain dengan memberi kemudahan pengurusan izin dan pembebasan lahan pembangunan pembangkit, Pengolahan limbah sawit sebagai energy pembangkit listrik tenaga (PLT) Biomassa dan PLT Biogas POME, penyediaan bahan bakar PLTBn CPO, dan pengolahan sampah menjadi bahan bakar PLTsa,” ujar Erzaldi.

Dalam hal CPO misalnya, Dikatakan Erzaldi, dimana dirinya bersama dengan stakeholder terkait akan menyusun perda terkait CPO untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, sehingga akan memberikan keuntungan baik untuk petani, PLN, maupun masyarkat secara umum.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Babel Abdul Mukhlis mengungkapkan bahwa PLN telah melakukan berbagai langkah perbaikan untuk menyediakan listrik di Bangka Belitung.

“Berbagai upaya telah kita lakukan, dari yang dulu dalam kondisi defisit kemudian cukup, surplus, andal dan secara paralel menuju green,” tutupnya.(wa)