Home / BANGKA BELITUNG / Membentuk Dasar Sejak Dini Akan Menciptakan Generasi Emas Masa Depan

Membentuk Dasar Sejak Dini Akan Menciptakan Generasi Emas Masa Depan

Oleh : Jon Piter

KOBA, LASPELA- Menciptakan generasi yang unggul dan berdaya saing harus dimulai sejak dini, pendidikan harus mampu menanamkan dasar yang kuat, yaitu karakter dan kompetensi, sebagai bekal mereka di masa yang akan datang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar kepada Laspela, Senin(20/5/2019).

“Anak- anak kita harus kita tanamkan dasar yang kuat sejak dini agar bisa menjadi pribadi yang unggul dan berdaya saing, dasar yang pertama adalah karakter, yaitu anak harus relijius, cinta tanah air, berintegritas, mandiri, dan gotong royong. Kemudian yang kedua adalah meningkatkan kompetensinya, kita harus meningkatkan cara belajar yang hanya menghafal dan memahami saja, kita harus ke tingkat menerapkan, menganalisa, mengevaluasi, lalu berkreasi, ini yang sekarang lagi kita kejar, mengubah sekolah ke arah itu,” ujarnya.

Ia mencontohkan, misalnya di kelas anak tidak hanya membaca dan paham tentang bercocok tanam jagung saja, tetapi harus juga dipraktekkan di lapangan, buat kebun ukuran 30 meter persegi lalu tanam dan rawat hingga berhasil, lalu jual sehingga anak tahu hasil nyatanya, kalau 30 meter dapat seratus ribu, satu hektar sudah mendapatkan hasil yang lumayan.

“Jadi dengan pendidikan seperti itu kita mendidik anak untuk menjadi pengusaha, karena dia mampu berkreasi dari hasil evaluasi masalah yang dia hadapi,” imbuhnya.

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish